Khutbah Jumat Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan PDF Bikin Jamaah Menangis Haru

Khutbah Jumat Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan
Khutbah Jumat Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

Pahala membaca Al-quran pun semakin bertambah apabila mampu membaca sebanyak 100 ayat. Sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Ahmad mengatakan, ”Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala sholat sepanjang malam.”

Keempat, Belajar Memperbanyak Zikir

Bacaan Lainnya

Zikir adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan kapanpun dan di manapun tempatnya selama tempat itu suci. Zikir adalah mengingat Allah dan barangsiapa ingin selalu dekat denganNya maka perbanyaklah berzikir. Hati yang senantiasa berzikir akan selalu teringat pada Allah SWT dan dekat dengannya.

Kelima, Waktu yang Tepat untuk Berdoa

Di bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Sebagaimana hadits riwayat Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

إنَّ للهِ في كلِّ يومٍ وليلةٍ عُتَقاءَ مِنَ النَّارِ في شهرِ رمضانَ وإنَّ لكلِّ مسلمٍ دَعوةً يدعو بها فيُسْتجابُ له

Sesungguhnya di setiap hari dan malam bulan Ramadhan dari Allah ada pembebasan dari api neraka. dan bagi setiap Muslim ada doa yang jika ia berdoa dengannya maka akan diijabah(HR. Ahmad 2/254, Al Bazzar 3142, Al Haitsami berkata: semua perawinya tsiqah).

Di bulan suci Ramadan, terdapat banyak waktu yang mustajab untuk berdoa diantaranya yaitu saat berpuasa, saat waktu sahur, saat azan berkumandang, dan saat malam lailatul qadar.

Keenam, Membiasakan Diri untuk Salat Berjamaah

Salat berjamaah pada bulan puasa perlu diutamakan, terutama bagi kaum pria. Salat berjamaah juga sebagai cara silahturahmi, serta menjaga hubungan baik antarmuslim yang juga merupakan sebuah ibadah. Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan salat berjamaah, meskipun dalam keadaan sakit maupun cuaca yang tidak menentu.

Ketujuh, Memperbanyak Amal Ibadah Sunah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait