Khutbah Jumat Bulan Syaban 2022 PDF Terbaru Lengkap Dengan Doanya

Khutbah Jumat Bulan Syaban 2022
Khutbah Jumat Bulan Syaban

TEKS KHUTBAH JUMAT PERTAMA

   الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانَ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضُ الشُّهُوْرِ وَالأَيَّامِ وَالَليَالِي بِمَزَايَا وَفَضَائِلَ يُعَظَّمُ فِيْهَا الأَجْرُ والحَسَنَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ. أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ. فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَىٰ وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ  

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Bacaan Lainnya

Diberikan kesempatan hadir di masjid yang mulia ini adalah kenikmatan yang tiada terhingga. Karena bisa jadi kita memiliki sahabat, saudara, teman dan sejenisnya yang sebenarnya wajib melaksanakan ibadah shalat Jumat, namun ternyata belum diberikan petunjuk untuk hadir.

Padahal mungkin yang bersangkutan lebih sehat, kaya, berpendidikan, berpengaruh dan sejenisnya. Namun begitulah, betapa hidayah Allah demikian mahal dan tidak dapat dibandingkan dengan kenikmatan materi. Oleh sebab itu marilah di kesempatan istimewa ini kita terus meningkatkan takwallah dengan menjalankan perintah dan menjauhi yang dilarang.

Hadirin yang Berbahagia

Secara bahasa, Sya’ban berasal dari kata syi’ab yang artinya jalan di atas gunung. Makna ini selaras dengan posisi bulan Sya’ban yang menyongsong bulan Ramadhan. Hal ini merupakan kiasan bahwa bulan kedelapan dalam kalender Hijriyah tersebut merupakan momen tepat untuk menapaki jalan kebaikan secara lebih intensif, mempersiapkan diri menyambut bulan paling mulia, yakni Ramadhan.  

Posisi bulan Sya’ban yang terletak di antara Rajab dan Ramadhan seringkali kurang mendapat perhatian lebih dibanding dua bulan mulia yang menghimpitnya itu. Pada Rajab, keutamaan-keutamaan seputar puasa dan amalan lainnya kerap kita dengar.

Di bulan Rajab pula kita mengenang peristiwa dahsyat yang dialami Rasulullah: Isra’ dan Mi’raj. Bulan Ramadhan lebih hebat lagi. Orang-orang seakan-akan menjadi manusia baru, berburu fadhilah atau keutamaan dan pahala berlipat di bulan suci ini.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait