Tentang Makam Viralnya Warga Ponorogo Gotong Jenazah Menyeberangi Sungai

  • Whatsapp
Video Viral Warga Ponorogo Gotong Keranda Lewat Sungai
Video Viral Warga Ponorogo Gotong Keranda Lewat Sungai

LINTASJATIM.com, Ponorogo – Video warga Ponorogo gotong jenazah menyeberangi sungai viral di media sosial. Mereka menyeberangi Sungai Semblumbung menuju makam Gedong.

Makam tersebut berada di Dusun Menggungan, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan. Namun kabarnya, makam Gedong sudah 10 tahun tidak digunakan warga.

Bacaan Lainnya

“Makam Gedong itu sudah 10 tahun tidak digunakan warga,” tutur perangkat Kelurahan Kadipaten, Wasis Nur Hidayat kepada wartawan, Rabu (21/10/2020).

Alasannya, lanjut Wasis, ada pemakaman baru yang bisa diakses warga tanpa harus menyeberangi sungai. “Lokasi makam baru ada di sebelah selatan sungai. Kalau makam Gedong di sebelah utara,” imbuh Wasis.

Menurutnya, di pemakaman baru ini sudah banyak kuburan. Sedangkan di makam Gedong tidak bertambah signifikan.

Terkait adanya warga gotong jenazah menyeberangi sungai yang videonya viral, menurutnya mungkin karena ada wasiat ingin dimakamkan dekat dengan mbah-mbah terdahulu. Yakni di makam Gedong.

Berhubung saat ini sedang tidak banjir, lanjut Wasis, sehingga warga itu lebih memilih menyeberang Sungai Semblumbung. Ketimbang harus melewati jembatan yang jaraknya lumayan jauh.

“Karena kondisinya tidak banjir dan mudah untuk dilewati. Biasanya jalur lintas ya diseberangkan. Masyarakat sini tidak mempermasalahkan,” papar Wasis.

Menurutnya, warga menggotong jenazah menyeberangi sungai pada Selasa (20/10). “Kejadiannya kemarin persis, terus diunggah di media sosial jadi viral seperti ini. Padahal kenyataannya tidak seperti itu,” pungkas Wasis.

Source: detik.com

Pos terkait