Nganggur Selama Pandemi, Pekerja Seni Geruduk Kantor DPRD Malang

  • Whatsapp
Pekerja Seni Malang Demo di Depan Kantor DPRD Malang
Pekerja Seni Malang Demo di Depan Kantor DPRD Malang

LINTASJATIM.com, Malang – Ratusan pekerja seni demo di depan Kantor DPRD Kabupaten Malang. Mereka mengaku sudah lima bulan tidak pentas.

Mereka tergabung dalam Solidaritas Pelaku Seni Budaya (SOLID) Kabupaten Malang. Dalam orasinya, Pemangku Joglo Singo Alit Singosari, Ki Ardhi Dalang Mbeling mengatakan, selama pandemi COVID-19 para pekerja kesenian budaya dan tradisi tidak pentas.

Bacaan Lainnya

“Sudah lima bulan kami tidak beraktivitas karena pandemi dan kita mengikuti aturan pemerintah. Selama ini kita melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk itu kami meminta untuk diberi kelonggaran,” ucap Ki Ardhi, Kamis (13/8/2020).

Demo para pekerja seni juga disebut untuk mempertegas pernyataan Bupati Sanusi, bahwa seniman sudah dapat melakukan aktivitas kembali.

Maka dari itu, di hadapan massa, Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto mengaku mendukung sepenuhnya keinginan pelaku seni budaya, untuk dapat kembali unjuk gigi di depan masyarakat.

“Saya selaku Ketua DPRD mendukung sepenuhnya keinginan pelaku seni budaya,” kata Didik.

Didik menambahkan, pandemi COVID-19 yang melanda seluruh negeri dan penjuru dunia harus dihadapi.

“Kondisi alam kita dan dunia sedang goyah karena COVID-19. Virus ini jangan ditakuti, kita harus bisa bersahabat dengan virus sehingga namanya perekonomian harus tetap ditegakkan,” paparnya.

“Kebudayaan harus diberi ruang dan kesempatan tampil di depan masyarakat,” lanjut Didik.

Demo juga disertai penandatanganan petisi di atas spanduk. Itu sebagai bentuk dukungan atas keinginan pekerja seni dan budaya dapat berkarya kembali di tengah pandemi COVID-19. (Smt)

Source: detik.com

Pos terkait