Mahasiswa UMM Bantu Kader Posyandu Cek Kesehatan di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Lintasjatim.com
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Lintasjatim.com

LINTASJATIM.com, Malang – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membantu kader Posyandu dalam pemantauan kesehatan bayi dan Ibu hamil di Balai Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang Kamis (06/08/2020).

Apa yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut bagian dari Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) atau biasa disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Bacaan Lainnya

Sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, para mahasiswa itu tampak sibuk bersama kader posyandu melayani warga yang berdatangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Bagi Ibu hamil diminta untuk mengisi data diri, kemudian dilakukan pemeriksaan kandungan mulai dari penimbangan berat badan hingga pengukuran tinggi badan. Sementara itu, bagi Balita di beri Vitamin A karena bertepatan pada bulan Agustus.

Ada 2 jenis vitamin yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sampai 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 bulan sampai 59 bulan. Setiap bulan Februari dan Agustus adalah bulan untuk memberikan vitamin A.

Kehadiran mahasiswa PMM UMM itu sangat membantu para kader dalam melakukan kegiatan di Posyandu tersebut.

“Kehadiran saudara sekalian sangat membantu kami, semoga ilmu yang didapatkan di posyandu ini kedepannya dapat digunakan sebagaimana mestinya, tetap semangat untuk adik-adik semua, jadikan pandemi ini sebagai semangat bukan menjadikan penurun semangat” ungkap Supriatin selaku kader posyandu di Desa Kademangan.

Mahasiswa UMM Bantu Posyandu
Mahasiswa UMM Bantu Posyandu

Endi Sagita Dini koordinator PMM UMM 34 mengatakan jika kegiatan di posyandu tersebut menambah wawasan mahasiswa dalam hal pelayanan kesehatan di tingkat desa.

“Sebagai mahasiswa yang sedang menjalankan kegiatan PMM, kami sangat senang karena dapat membantu melaksanakan kegiatan posyandu dan kami juga mendapatkan ilmu langsung dari kader posyandu yang nantinya dapat kami gunakan dikehidupan kedepannya,” ungkapnya.

Kegiatan PMM ini dibimbing langsung oleh Beti Istanti Suwandayani, M.Pd sebagai Dosen Pendamping Lapang (DPL). Kegiatan mahasiswa selalu dipantau via daring.

“Semangat selalu dalam melaksanakan kegiatan dan selalu berinovasi, tak lupa juga selalu patuhi aturan prokol kesehatan, semoga selalu dalam lindungan Allah,” pungkasnya. (Stj)

Pos terkait