Desa Sudimoroharjo Nganjuk Resmi Jadi Kampung Tangguh Semeru

  • Whatsapp
Desa Sudimoroharjo, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk

LINTASJATIM.com, Nganjuk – Desa Sudimoroharjo, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk diresmikan jadi kampung tangguh semeru pada Jumat (29/5/2020). Pembentukan kampung tangguh itu bertujuan untuk menciptakan kemandirian masyarakat dalam menangani virus Corona.

“Semoga keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini bisa berperan penting untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul,” ungkap Totok Kohar LK Kepala Desa Sudimoroharjo.

Bacaan Lainnya

Totok berharap, ke depannya Kampung Tangguh Semeru mampu menyelesaikan berbagai bentuk permasalahan baik terkait corona maupun persoalan sosial yang timbul.

Pihaknya juga mengajak masyarakat menghadapi situasi normal yang baru (new normal). Keberadaan kampung tangguh semeru ini juga bisa membantu masyarakat untuk lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Sementara itu, Camat Wilangan Yonny Rachmanto mengatakan jika Desa Sudimoroharjo akan menjadi percontohan bagi desa-desa lain. Karena masyarakat di desa ini memiliki kesadaran gotong-royong yang kuat.

“Misalnya, TP PKK Desa yang terus mengkampanyekan konsumsi jamu dan menanam tanaman obat keluarga (Toga). Selain itu, persatuan perguruan pencak silat dari berbagai aliran juga bersatu melakukan penyemprotan disinfektan dan kegiatan-kegiatan lainnya,” ungkap Camat.

Masyarakat harus diingatkan untuk patuh terhadap protap kesehatan misalnya mengingatkan untuk memakai masker, menjaga sosial distancing dan physical distancing.

“Selain sisi kesehatan, masyarakat juga harus menjaga dalam hal sosial. Misal jangan sampai tetangganya kelaparan, kan sekarang usaha-usaha lagi seret-seretnya to?,” ujarnya.

Melalui slogan Semeru (Sehat Aman Tertib Rukun) diharapkan mampu menginspirasi desa lainnya untuk saling membantu dan bergotong-royong menghadapi ujian wabah ini.

Peresmian itu dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopumcam) meliputi Camat, Polsek dan Dandim. Serta perangkat desa mulai dari Lembaga desa, Bidan Desa, Linmas, Babinsa, Babinkamtibmas. Puskesmas Wilangan juga turut hadir.

Pos terkait