Pelajar NU Dolopo Road Show Safari Ramadhan Dengan Pagelaran Wayang Kulit

Lintasjatim.com, Madiun - Merawat budaya dan melestarikan tradisi khas Indonesia yang menjadi kekayaan budaya Indonesia, point ini menjadi salah satu program kerja pelajar NU di tingkat Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Di akhir masa khidmat Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU ini  mengadakan Safari Ramadhan, dengan pagelaran wayang kulit religi, Sabtu (11/5/2019).

Acara Wayangan dalam rangka Safari Ramadhan itu, dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh masyakat diantaranya mantan Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos, Ketua MWC NU Kyai Askun Mubarok, K. Zainal Abidin, dan Djoko Setiono.

Hadir juga Ketua PAC Ansor Dolopo Nur Kholiq, Ketua Muslimat Sabikis dan perwakilan banom-banom NU lainnya.

Kegiatan ini dikemas dalam dua sesi yaitu dibuka dengan pengajian umum yang disampaikan oleh kyai Askun Mubarok, Ketua MWC NU setempat dan dilanjutkan wayang kulit religi yang di dalangi oleh Danang Sutawijaya sekaligus ketua Departemen Bakat Minat PAC IPNU Kecamatan Dolopo.

Dalam isi pengajiannya, Ketua MWC NU, Wali Songo mengajarkan agama Islam dengan gong dan wayang.

"Wali Songo mengajarkan dan mengenalkan agama Islam dengan gong dan wayang, jadi ini adalah tradisi para ulama-ulama kita terdahulu, wayang bukan hanya hiburan rakyat belaka tetapi juga menjadi tuntunan kita belajar Agama," ungkapnya.

Kyai Askun juga menyampaikan, bulan Ramadhan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, saling menghormati dan meningkatkan kualitas ibadah. Di bulan ini semua amal sholeh akan mendapatkan berkah dan pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Dikesempatan yang sama, mantan Bupati Madiun yang akrab disapa Mbah Tarom tersebut memberikan apresiasi dan kagum melihat kader-kader IPNU IPPNU mempunyai bakat yang luar biasa dalam melestarikan ajaran wali songo.

"Saya Bangga melihat dan menyaksikan langsung pertunjukan dari Kader Kader IPNU yang memberanikan diri untuk tampil di tengah masyarakat dengan membawa budaya dan tradisi Indonesia," ujarnya dalam sambutan.

Selain itu, Caleg DPR RI terpilih dari Fraksi PKB itu, juga siap memfasilitasi bakat dari para kadernya tersebut.

"Nanti saya akan fasilitasi bakat Pak Dalang untuk lebih mendapat bimbingan dan ilmu pementasan langsung dibimbing oleh Abah Kirun,'' ungkapnya  disambut sorak gembira penonton.

Caleg dengan porelahan suara terbanyak di kabupaten Madiun itu juga berjanji akan mengusahakan peralatan yang dapat membantu dalam memaksimalkan pementasan.

"Saya usahakan untuk bantuan alat yang kurang agar bisa tampil maksimal kedepannya," pungkasnya.

Kegiatan Safari Ramadhan ini juga di buat Road Show 3 tempat selama bulan Ramadhan ini.

Pertama road show desa Kradinan di dusun bulak musholla Baitul Mukminin kedua di Desa Dolopo dan di Akhiri di Kantor MWC NU Kecamatan Dolopo.

Meskipun  anggaran terbatas, dana swadaya anggota IPNU IPPNU dan Para alumni tersebut berjalan dengan lancar dan sukses sesuai rencana awal. (st)

Rate this item
(2 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

9459665
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
11555
17901
47497
9214071
402044
465032
9459665
Your IP: 54.81.69.220
2019-07-23 16:39