Ratusan Penggerak Desa di Sidoarjo Apresiasi Sinergitas Bupati H. Saiful Illah Dengan Desa

23 Jan 2020
554 times

Lintasjatim.com, Sidoarjo - Peningkatan Ekonomi masyarakat desa menjadi indikator keberhasilan perkembangan ekonomi sebuah negara. Hal itu karena bagian terkecil dari sebuah negara adalah desa. Dalam upaya memajukan desa peningkatan ekonomi masyarakat desa terlebih dahulu harus dimulai dari Perencanaan yang baik. Hal itu disampaikan oleh Koordinator Tim Pendamping Profesional (TPP) Ulul Azmi Shona usai acara Rapat Koordinasi (Rakoord) internal, Kamis 23 Januari 2020.

Ulul Azmi menjelaskan bahwa Program Daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Sidoarjo yang ditetapkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Sidoarjo.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap program H. Saiful Illah Bupati Sidoarjo dua periode tersebut, TPP kabupaten Sidoarjo yang dikomandoi oleh Ulul Azmi melakukan doa bersama untuk H. Saiful Illah Bupati Sidoarjo yang sedang mengalami cobaan, "Semoga Abah Saiful Illah diberikan ketabahan dalam menghadapi ujian pada momen menjelang pilkada kali ini," tutur Ulul kepada lintasjatim.com.

Acara yang digelar di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (Dinas PMD P3A KB) kabupaten Sidoarjo tersebut dihadiri oleh 140 orang Pendamping Profesional di kabupaten Sidoarjo. "Rakoord ini sifatnya sangat penting dan ini kami lakukan tiap bulannya sebagai upaya untuk mendorong desa agar lebih baik lagi," kata koordinator TPP Kabupaten Sidoarjo.

Pemerintah kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) telah memberikan perhatian penuh kepada desa dalam hal perencanaan hingga penatausahaan pengelolaan keuangan Desa.

"Upaya untuk memajukan desa terus dilakukan oleh pemerintah kabupaten Sidoarjo dengan mensinergikan antara kebutuhan desa dan kebijakan program Daerah, oleh karena itu tidak jarang Dinas PMD, Tim Pendamping Profesional dan Pemerintah Desa mengadakan rapat koordinasi," papar Ulul Azmi.

Selain mendorong desa untuk melibatkan masyarakat dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) Desa dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa), TPP Kabupaten Sidoarjo juga mendukung penuh kebijakan pemerintah kabupaten Sidoarjo yang sinergis dengan kebutuhan Desa, salah satunya adalah pemenuhan gizi bagi stunting, mendorong partisipasi masyarakat sejak musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbang Desa) hingga Musrenbang kabupaten. "Memang butuh sebuah proses dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dan untuk menuju cita-cita tersebut kami butuh peran dan partisipasi masyarakat juga," ujar Ulul Azmi.

Menurut Ulul Azmi Kondusifitas dan stabilitas desa maupun daerah sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Tanpa adanya stabilitas baik di desa maupun di daerah program sebaik apapun akan sulit untuk dilaksanakan. (stj/coi).

Rate this item
(4 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

13197110
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
14266
29130
132318
12829965
455776
621835
13197110
Your IP: 3.226.122.74
2020-02-21 15:58