Pasien Covid Omicron Ternyata Warga Surabaya yang Pulang Dari Bali

Pasien-Covid-19-di-Jatim-
Pasien-Covid-19-di-Jatim-

LINTASJATIM.com, Surabaya – Virus COVID-19 varian Omicron sudah terdeteksi di Jatim. Pasien pertama yang terpapar adalah warga Surabaya yang pulang dari Bali.

Ketua Institute of Tropical Disease (ITD) dan Tim Peneliti Unair, Prof dr Maria Lucia Inge Lusida MKes PhD SpMK mengatakan bahwa terdapat satu sampel yang terdeteksi di Surabaya.

Bacaan Lainnya

“Benar, pasien habis perjalanan dari Bali. Orang Surabaya,” kata Prof Inge, Minggu (2/1/2022).

Menurut Prof Inge selaku pihak yang ditugaskan oleh Kemenkes untuk meng-cover seluruh sampel di Jatim, sudah melapor ke Kemenkes. Karena, satu whole genome dari Surabaya terdeteksi Omicron.

“Kita kan biasa rutin melakukan surveillance. Pertama kali mungkin ya ketemu di sini di Surabaya. Sudah kita laporkan ke Pak Menkes, sudah dilaporkan di data bank GISAID,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta warga tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Kita tidak boleh panik, tapi yang terpenting harus waspada dengan cara memperketat protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan serta percepat vaksinasi,” kata Gubernur Jatim.

Menurut Khofifah, kita bersama juga harus menekankan pentingnya vaksinasi dalam mencegah penularan Omicron. Vaksinasi sebagai salah satu intervensi dalam menekan penyebaran COVID-19.

“Oleh sebab itu saya meminta semua warga Jatim yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin segeralah mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin,” tandasnya.

Pos terkait