Cara Mudah Mendidik Anak Usia 5 Tahun Agar Berperilaku Baik dan Bermoral

  • Whatsapp
Ilustrasi Anak Usia 5 Tahun
Ilustrasi Anak Usia 5 Tahun

LINTASJATIM.com – Ketika anak berusia lima tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan nilai dan norma sosial. Dengan demikian, anak dapat tumbuh dengan perilaku baik dan bermoral.

Berikut 5 norma yang harus kita ajarkan kepada anak 5 tahun

Bacaan Lainnya

1. Ajarkan Keadilan

Seorang anak perlu dididik untuk bersikap adil. Sikap adil bukan berarti selalu membagi barang sama rata dengan teman sebayanya. Hal ini dapat dilatih dengan berani untuk meminta maaf apabila melakukan kesalahan atau menerapkan sistem giliran bermain, misalnya setiap anak mendapatkan waktu 5 menit.

2. Ajarkan untuk Mengerti Perasaan Orang Lain

Si kecil dapat dilatih untuk mengerti perasaan orang lain. Dimulai dari menghargai perasaan anda sebagai orang terdekatnya. Misalnya, bila ia selalu merengek dan mejadikan anda susah dalam berbelanja, setelah ia reda coba katakan bahwa anda kurang nyaman dengan sikapnya.

Apabila sering dilakukan, secara langsung maupun tidak langsung akan melatih si kecil untuk memahami perasaan orang lain dan diri sendiri.

3. Kejujuran

Ajarkan kejujuran kepada si kecil dengan hal-hal yang sederhana. Misalnya, budayakan jujur ketika berbicara kepada orang lain.

Apabila ketahuan berbohong, segera ingatkan dan berikan pengertian.

4. Ajarkan Ketabahan

Anak 5 tahun perlu belajar tentang ketabahan dengan jangan memuji terlalu berlebihan terhadap hasil kerjanya. Namun, semangatilah agar ia mengulang hal-hal baik lainnya.

5. Kasih Sayang

Mengucapkan selamat ulang tahun pada kerabat, sahabat, dan orang sekitar dapat melatih si kecil agar senantiasa memberikan kasih sayang kepada lingkungannya.

Selain itu, anak 5 tahun masih membutuhkan banyak perhatian dari kedua orang tuanya. Pelukan yang diberikan orang tua, si kecil akan merasa dirinya dicintai dan aman di sisi anda.

Itulah tadi 5 hal yang harus diajarkan pada anak usia 5 tahun. Dengan demikian, anak akan dapat tumbuh menjadi manusia yang penuh cinta, bermoral, dan dewasa.

Pos terkait