Khutbah Jumat NU Paling Pendek PDF 2022: Perbedaan Adalah Sunnatullah

Khutbah Jumat NU Paling Pendek
Khutbah Jumat NU Paling Pendek

  يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْنِكُمْ وَلَا تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّ

Artinya: “Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar.”

Bacaan Lainnya

Rasulullah pun telah mengingatkan dalam haditsnya:

 خَيْرُ الْأُمُوْرِ أَوْسَطُهَا

Artinya: “Sebaik-baik urusan ialah yang dilakukan dengan biasa-bisa atau sedang-sedang saja.”

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Sikap moderat dalam beragama di era banjir informasi saat ini pun semakin mendapat tantangan yang besar. Melalui internet khususnya media sosial banyak ditemukan narasi-narasi berbungkus agama yang melakukan provokasi untuk tidak berprilaku berlebih-lebihan dalam beragama.

Bagi  mereka yang sudah memahami nilai-nilai ilmu ajaran agama Islam, maka provokasi tersebut bisa ditangkal dengan mudah. Namun bagi mereka yang masih minim dalam pemahaman dan pengetahuan agama, provokosi ini bisa menjerumuskan kepada praktik-praktik tidak moderat.

Semangat dalam beribadah dan beragama harus diiringi dengan pemahaman ilmu agama yang dalam. Jika tidak, maka memunculkan hal yang tak baik di antaranya merasa paling benar sendiri dalam pengamalan agama dan menghakimi bahwa yang tidak sepaham sebagai sebuah kesalahan. Padahal, semakin dalam pemahaman ilmu agama yang dimiliki, maka seseorang akan semakin memahami esensi dari beragama dan beribadah.

Oleh karena itu, saatnya bagi kita untuk terus belajar mendalami ilmu agama dari para ulama yang jelas silsilah guru dan keilmuannya dan memiliki sikap moderat dalam beragama.

Jamaah Jumat rahimakumullah,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait