Terbaru! Teks Khutbah Jumat NU, Muhasabah Akhir Tahun 2021 yang Paling Banyak Dicari

Muhasabah Tahun Baru 2022
Muhasabah Tahun Baru 2022

Allah berfirman dalam  Al Qur’an

Surat Al-Hasyr ayat 18.

Bacaan Lainnya

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلۡتَـنۡظُرۡ نَـفۡسٌ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٍ‌ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat ini Allah SWT memerintah kan kita untuk memperhati kan perbuatan yang telah dilakukannya. Sebab, kelak segala perbuatan akan dipertanggung jawabkan di akhirat.

Luruskanlah Niat dan Memantapkan Hati. Segala amal perbuatan tergantung pada niatnya. Sebelum melakukan muhasabah diri, murnikanlah niat hanya untuk Allah SWT.

Sidang Jum’at Rahimakumullah

Sesunguhnya, Muhasabah atau introspeksi diri adalah salah satu cara evaluasi dan membersihkan diri sendiri dari kesalahan-kesalahan yang mungkin telah diperbuat.

Muhasabah adalah memperhati kan dan merenungkan hal-hal baik dan buruk yang telah dilakukan. Termasuk memperhatikan niat dan tujuan suatu perbuatan yang telah dilakukan, serta menghitung untung dan rugi suatu perbuatan.

Muhasabah diidentikkan dengan menilai diri sendiri, mengevaluasi, atau introspeksi diri dengan mengacu kepada Alquran dan hadis Nabi sebagai dasar penilaian, bukan berdasarkan keinginan diri sendiri. Muhasabah adalah salah satu cara untuk memperbaiki hati, melatih, menyucikan, dan membersihkannya.

Sebagai gambaran

Hitunglah dosa dosa dan kesalahan kesalahan yang pernah kita perbuat selama ini

Ingat ingatlah

Seberapa sering kita membuat orang tua kita menangis karna sedih

Seberapa seberapa banyak hak orang lain yang pernah kita ambil ..?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait