Waspada Cuaca Buruk di Seluruh Wilayah Jawa Timur, Ini Penjelasan BMKG

  • Whatsapp
Ilustrasi Cuaca Buruk
Ilustrasi Cuaca Buruk

LINTASJATIM.com, Surabaya – BMKG Klas I Juanda mengingatkan masyarakat Jawa Timur untuk waspada terhadap cuaca. Menurut BMKG, sejumlah wilayah di Jawa Timur dilanda hujan disertai petir dan angin.

“Seluruh masyarakat supaya waspada, untuk pagi hari cuaca buruk terjadi di wilayah Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Banyuwangi,” ungkap Teguh Tri Susanto, Senin (7/12/2020).

Bacaan Lainnya

Sedangkan, waktu siang hingga sore cuaca buruk terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan, Tulungagung.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya tersebut juga mengatakan, hujan deras disertai petir dan angin juga diperkirakan terjadi di 16 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur.

“Yaitu Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep,” tandasnya.

Sementara itu, pada malam hari cuaca buruk diperkirakan terjadi di wilayah Magetan, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Sedangkan dini hari di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Malang.

Berdasarkan pantauan BMKG, suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 15 hingga 32 derajat celcius dengan kelembaban udara 64-100%. Sedangkan kecepatan angin dari Barat menuju Barat Daya antara 05 hingga 40 km/jam.

Pos terkait