Fakta-fakta Tentang Jasad Kiai di Sampang Masih Utuh, Ini Amalan Beliau

  • Whatsapp
Jasa Kiai Baidowi Sampang Setelah Ditambah Kain Kafan yang Baru
Jasa Kiai Baidowi Sampang Setelah Ditambah Kain Kafan yang Baru

LINTASJATIM.com, Sampang – Jagat media sosial dihebohkan dengan kejadian jasad seorang kiai masih utuh, meski sudah tiga tahun terkubur, Senin (23/11/2020).

Dalam video pendek yang diunggah oleh akun Youtube milik YWB Story itu langsung menyita perhatian netizen.

Bacaan Lainnya

Jasad Kiai Ahmad Baidowi asal Sampang tersebut baru diketahui usai makam almarhum ambruk akibat diguyur hujan deras.

Santri yang pertama kali melihat ambruknya makam langsung melaporkan kejadian itu pada pengasuh Pondok Pesantren.

Alangkah terkejutnya, saat hendak diperbaiki dan masuk ke dalam liang lahat. Kiai Sufyan yang merupakan anak dari almarhum menemukan bahwa jasad sang ayah masih utuh.

Kiai Sufyan beserta keluarga akhirnya memutuskan untuk mengganti kain kafan yang baru tanpa memindahkan dan mengubah posisi mayat.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Kiai Ahmad Baidowi? Beriku fakta-fakta tentang jasad kiai di Sampang masih utuh, meski tiga tahun terkubur.

1. Sosok Kiai Ahmad Baidowi

Almarhum Kiai Ahmad Baidowi adalah seorang kiai di Dusun Banbalang, Desa Batuporo Barat, Kecamatan Kedundung, Kabupaten Sampang.

Tak hanya itu, almarhum merupakan pengasuh Madrasah Dakwatut Tauhid. Almarhum bukanlah kiai besar dan populer.

Keseharian almarhum pun layaknya orang pada umumnya yakni bergaul dengan masyarakat dan mengajari ngaji masyarakat desa setempat.

2. Tak Hanya Utuh, Jasadnya juga Wangi

Jasad Kiai Ahmad Baidowi tak hanya utuh, posisinya pun masih sama seperti baru dimakamkan, jasadnya tercium bau wangi. Bahkan, rambut jenazah juga masih utuh.

3. Wafatnya Kiai Ahmad Baidowi

Diketahui Kiai Ahmad Baidowi wafat pada tahun 2017 tepat di bulan Maulid karena sakit.

Kiai Sufyan juga menuturkan bahwa sebelum ayahnya wafat, almarhum menyampaikan pesan menyentuh. Almarhum mengatakan jika dirinya meninggal dunia tak boleh ada yang menangis.

4. Wafat dalam Keadaan Tersenyum

Saat ayahnya meninggal dunia. Kiai Sufyan mengatakan kisah menakjubkan terkait meninggalnya sang ayah bahwa ayahnya meninggal dengan mengucap ‘Allahu Akbar’ dan bibirnya tersenyum.

5. Amalan Kiai Ahmad Baidowi

Tentu banyak penasaran, amalan apa yang membuat jasad almarhum utuh? Kiai Ahmad Baidowi merupakan sosok kiai yang ikhlas dan tanpa pamrih mengajarkan agama pada masyarat.

Almarhum juga dikenal aktif di organisasi Nahdlatul Ulama. Selain itu, dalam mengelola masjid dan Madrasah-nya, almarhum tak pernah meminta bantuan pemerintah.

Biaya pembangunan masjid murni dibiaya oleh almarhum sendiri. Tak hanya itu, almarhum juga sangat santun dan penyayang utamanya terhadap anak-anak dan orang lanjut usia.

Pos terkait