Brand Osas IPNU IPPNU Umaha Lolos Seleksi PKM Kemendikbud 2020

  • Whatsapp
IPNU IPPNU Umaha Sidoarjo Lintasjatim.com
IPNU IPPNU Umaha Sidoarjo Lintasjatim.com

LINTASJATIM.com, Sidoarjo – Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2020.

Program itu dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual,

Bacaan Lainnya

Pada program tersebut kader Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU IPPNU) Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha) Kabupaten Sidoarjo lolos seleksi dengan brand Olah Sampah Atasi Sampah (Osas).

Inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa Umaha itu memproduksi tas Osas. Produk tas yang terbuat dari karung Goni bekas itu mampu membawa universitas yang terletak di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo itu masuk nominasi PKM Kemendikbud tahun 2020.

Masuk seleksi PKM tahun 2020, Muhamad Alawi ketua PKPT IPNU Umaha bangga atas capaian yang diraih oleh kader PKPT IPNU IPPNU Umaha,

”Alhamdulillah atas inovasi dan kreatifitas para kader IPNU IPPNU Umaha ini mampu bersaing dalam kompetisi ditingkat nasional,” ungkap Alawi.

Ia berharap, keberhasilan kadernya dalam PKM ini menjadi motivasi bagi kader-kader IPNU IPPNU lainnya untuk memunculkan ide-ide baru dalam menghadapi masa transisi new normal paska pandemi cobid-19.

Tak hanya itu, Alawi juga menambahkan kebangkitan ekonomi di era new normal sangat dibutuhkan terutama geliat ekonomi para kader IPNU IPPNU.

”Sudah waktunya mahasiswa terutama kader IPNU IPPNU Umaha mengabdi kepada masyarakat dengan menciptakan kreativitas yang dimilikinya,” jelasnya.

Kader IPNU Umaha itu juga berharap, Brand Osas nantinya bisa menjadi brand lokal Sidoarjo yang dapat dikenal secara nasional.

Alawi menjelaskan, salah satu kegiatan Brand Osas ini yaitu membuat tas. Bahan dasarnya dari karung Goni bekas dipadukan dengan kain tenun atau batik sebagai simbol budaya indonesia.

“Produk ini dikonversi melalui model, mulai dari tas ransel, sling bag, totebag yang cocok dipakai untuk semua usia, anak-anak pelajar, remaja bahkan orang tua. Tentunya kita sesuaikan dengan kebutuhan pasar dan konsumen,” pungkasnya. (Choi/Stj)

Pos terkait