5 Cara Memasak Daging Empuk Tanpa Presto, Mudah dan Cepat

  • Whatsapp
Cara Masak Daging Empuk Tanpa Presto
Cara Masak Daging Empuk Tanpa Presto

LINTASJATIM.com – Hai Sobat LJ, tak terasa sebentar lagi hari Raya Idul Adha tiba. Meski hari raya Idul Adha 2020 tidak semeriah tahun kemarin tapi kita tetap harus beryukur dengan kondisi ini ya Sobat. Bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk merasakan daging kurban.

Idul Adha merupakan momentum sakral bagi umat Muslim di dunia. Dalam perayaan Idul Adha terdapat serangkaian Ibadah yang dilakukan oleh umat Islam, salah satunya adalah menyembeli hewan kurban seperti kambing, sapi, kerbau, bahkan onta.

Bacaan Lainnya

Daging hewan kurban yang disembelih itu kemudian dibagikan kepada lingkungan sekitar. Nah, biasanya kita juga akan mendapat bagian daging kurban dari tempat mushola atau masjid di sekeliling kita. Kalau begitu, kira-kira nanti mau dimasak apa ya Sobat LJ..???

Tahukah sobat LJ bahwa memasak daging itu susah-susah mudah? Kalau cara memasaknya tidak benar maka hasilnya tidak sesuai yang diinginkan. Bisa jadi daging yang dimasak justru semakin keras atau tidak bisa empuk. Apakah Sobat LJ pernah mengalaminya? Kalau ini terjadi tentu kesal juga ya Sobat.

Kebanyakan orang menggunakan presto untuk memasak daging, hal ini dimaksudkan agar lebih cepat empuk dan menghemat gas. Namun tidak semua semua orang memiliki presto untuk memasak.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang 5 cara memasak daging yang mudah dan cepat tanpa menggunakan alat presto. Buat Sobat LJ yang tidak punya alat presto wajib coba tips ini ya.. Berikut ini ulasan selengkapnya, selamat mencoba!

1. Gunakan Daun Pepaya

Daun Pepaya
Daun Pepaya

Bagi yang masih awam dengan dunia memasak mungkin terdengar aneh. Masak iya, daun pepaya bisa digunakan untuk membuat daging empuk. Faktanya memang demikian, ternyata cara ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang terdahulu jauh sebelum mengenal alat presto.

Cara menggunakan daun pepaya agar daging jadi empuk juga sangat mudah. Yaitu dengan cara membungkus daging dengan daun pepaya yang sudah dirematkan. Setelah itu simpan daging semalaman di dalam kulkas.

Bagaimana? Sangat mudah bukan, ini juga cara hemat karena daun pepaya mudah didapatkan.

2. Pakai Air Teh

Air Teh
Air Teh

Hampir setiap pagi kita meminum teh panas, namun tahukah kamu sahabat bahwa teh bisa digunakan untuk membuat daging lebih cepat empuk. Hal ini dikarenakan kandungan tanin dalam teh yang berfungsi sebagai pengemuk alami.

Caranya cukup mudah yaitu rendam daging pada teh pekat selama 30 menit. Barulah daging siap diolah menjadi makanan favorit keluarga.

3. Lumuri Daging Dengan Jahe

Jahe
Jahe

Jahe sangat bermanfaat sebagai penghangat tubuh. Tetapi, jahe ternyata bisa dipakai untuk mengempukan daging loh sobat. Itu karena kandungan enzim proteolitik alami yang terdapat pada jahe mengurangi ikatan protein pada daging sehingga daging lebih cepat empuk.

Caranya cukup mudah yaitu parut jahe dam lumuri pada daging selama kurang lebih 30 menit. Barulah daging siap di masak.

4. Menggunakan Baking Soda

Baking Soda
Baking Soda

Baking soda atau soda kue yang biasa kita gunakan untuk membuat kue ternyata mampu untuk membuat daging empuk dengan cepat. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan baking soda pada bumbu dan biarkan selama semalaman.

5. Gunakan Buah Nanas

Buah Nanas
Buah Nanas

Buah yang kaya akan vitamin C ini spaling sering digunakan untuk membuat daging empuk. Karena kandungan asam di dalam nanas bermanfaat untuk membuat daging jadi empuk.

Cara menggunakannya mudah, cukup kupas kulit nanas secukupnya lalu haluskan nanas dan campurkan pada daging mentah yang akan dimasak. Tunggu beberapa menit. Semakin lama dan semakin banyak campuran nanas maka daging semakin empuk. Bahkan, daging bisa hancur saat dimasak. Jadi, semuanya harus pas ya sobat.

Selamat mencoba!

Pos terkait