Unik! Bagi Takjil Berkostum Kresek, Pemuda Desa Tumpang Ajak Warga Peduli Sampah

Lintasjatim.com, Blitar -  Karang Taruna Bakti bersama kresekman yaitu komunitas manusia kresek yang ada di Desa Tumpang, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar menggelar bagi takjil. Uniknya, muda mudi yang tampak sibuk membagikan bingkisan itu memakai baju dari kantong plastik atau kresek (bahasa jawa, red), Sabtu (01/06/2019).

Kehadiran manusia kresek tersebut tentu menjadi hiburan tersendiri bagi pengguna jalan di perempatan Tumpang Kecamatan Talun. Lantaran hal ini jarang dilakukan oleh kelompok atau komunitas yang membagikan takjil di jalanan.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila: Pancasila Harus Menggema Dalam Dunia Pendidikan

Kostum yang dikenakan komunitas kresekmen itu bukan sekedar asesories atau lucu-lucuan. Melainkan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat agar peduli dengan sampah di lingkungan sekitar.

Koordinator lapangan, Jihan, menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyepelekan sampah di lingkungan sekitar. Selain berdampak pada kesehatan dengan timbulnya berbagai penyakit, sampah juga bisa menyebabkan banjir.

"Salah satu produksi rumah tangga yang tidak pernah habis adalah sampah. Jika sampah dibiarkan apalagi sampai membuang sembarangan bisa berakibat pada banyak hal. Seperti adanya wabah penyakit dan banjir." Ujarnya kepada Lintasjatim.com.

Dengan semangat berbagi, kata Jihan, pihaknya berharap semoga acara seperti ini bisa dilakukan secara rutin. Tak hanya di momen bulan Ramadhan tapi juga bisa disetiap kesempatan untuk membantu warga yang kurang mampu.

Sementara itu,  Syafiuddin Zuhri selaku ketua Karang Taruna Desa Tumpang mengatakan kegiatan bagi takjil ini merupakan salah satu cara pembentukan karakter dan jiwa sosial bagi anggota karang taruna.

"Semoga acara yang diselenggarakan kali ini menjadi amal ibadah serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat khususnya dalam menanggulangi sampah anorganik." tutupnya.

Beberapa komunitas juga turut andil dalam aksi bagi-bagi 1000 paket takjil tersebut diantaranya Tumpang kulon kuburan (TKK), Ikatan pemuda bersatu (IPB), dan Kita Semua Saudara (KSB). (Red/Ndn)

Rate this item
(3 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

10523444
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2687
9102
11789
10318759
403174
525745
10523444
Your IP: 34.237.76.91
2019-09-23 10:13