Liburan Bersejarah ke Candi Prambanan dan Tempat Wisata Sekitarnya

22 Apr 2019
48 times
Candi Prambanan, Source: www.infobudaya.net Candi Prambanan, Source: www.infobudaya.net

Lintasjatim.com, Serba-Serbi - Berlibur sekaligus mengenal kebudayaan maupun sejarah yang ada di Indonesia merupakan hal yang menarik untuk dilakukan. Mengunjungi Candi Prambanan contohnya, adapun kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berwisata ke Candi Prambanan akan diulas lebih dalam dibawah ini.

Kegiatan yang biasa dilakukan di Candi Prambanan

Banyak kegiatan yang dapat anda lakukan ketika mengunjungi Candi Prambanan. Datang ke Candi Prambanan sendiri saja pastinya sudah menjadi hal yang menarik untuk anda jika anda menyukai hal-hal yang berbau dengan sejarah. Namun tahukah anda ada kegiatan lainnya yang tak kalah menarik loh, diantaranya:

Melihat relief

Relief yang dimiliki oleh Candi Prambanan ini merupakan relief yang menarik. Pasalnya tidak seperti Candi Borobudur yang menceritakan atau mencontohkan kehidupan manusia pada umumnya, relief dari Candi Prambanan ini berisi cerita. Cerita dari relief ini banyak diinspirasi dari kisah Ramayana dan juga kisah Krishnayana. Hal ini pasti membuat lebih banyak orang yang  tertarik untuk memperhatikan reliefnya bukan?

Mengunjungi museum Prambanan

Selain melihat relief di Prambanan, kegiatan lain yang bisa dilakukan di kompleks Candi Prambanan adalah mengunjungi museum Prambanan. Museum ini di bangun dengan gaya bangunan tradisional Jawa, yaitu rumah joglo. Di dalamnya terabadikan batu-batu candi dan arca yang ditemukan di sekitar Candi Prambanan.

Selain peninggalan batuan ada juga replika harta karun yang ditemukan Wonoboyo. Replika ini berisi mangkuk dengan ukiran Ramayana, tas, gayung dan masih banyak lagi yang lainnya. Mengapa tidak disimpan penemuan aslinya? Hal ini disebabkan karena temuan asli dari harta karun ini disimpan di museum nasional Indonesia di Jakarta.

Selain replika dan arca, di museum Prambanan ini anda juga bisa menikmati keindahan replika model arsitektur candi besar seperti Prambanan, Borobudur dan juga Plaosan yang ada di sekitar Candi Prambanan ini. Dengan mengunjungi museum Prambanan, pengetahuan yang anda miliki mengenai sejarah akan jadi bertambah.

Mengunjungi candi lain di sekitar Prambanan

Yogyakarta bisa dikatakan sebagai salah satu tempat yang memiliki peninggalan agama hindu dan budha terbesar di Indonesia. Hal ini disebabkan karena salah satu Kerajaan paling maju di zaman budha dan hindu ada di daerah ini. Hal inilah yang menyebabkan ada banyak candi lain yang bisa dikunjungi di sekitar Prambanan. Pastikan anda memiliki waktu liburan yang cukup agar dapat memaksimalkan wisata ada di Yogyakarta, berikut adalah adalah beberapa rekomendasi candi menarik lain yang ada di sekitar Prambanan.

  1. Candi Kalasan

Merupakan candi yang memiliki nama lain Candi Tara. Yang menarik dari candi ini adalah merupakan Candi budha tertua yang ditemukan di Yogya saat ini. Lokasinya juga sangat mudah ditemukan karena sangat dekat dengan jalan raya. Jenis candi ini memiliki gaya arsitektur yang sama dengan Candi Borobudur, hal ini mungkin disebabkan karena konsep kedua candi dibuat oleh orang yang sama yaitu Rakai Panangkaran.

  1. Candi sewu

Merupakan candi yang lokasinya ada di Candi Prambanan. Sayangnya candi ini tidak begitu banyak diperhatikan karena lokasinya ada di bagian belakangan kompleks Candi Prambanan.

  1. Candi Plaosan

Candi Plaosan memiliki 2 jenis candi yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Untuk lokasinya, candi ini memiliki jarak hanya 100 meter dari Candi Prambanan. Jadi, sangat dekat bukan?

  1. Candi Sari

Salah satu candi yang memiliki ukuran cukup besar. Hal ini menyebabkan candi ini sangat mudah untuk ditemukan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh candi ini adalah arsitekturnya yang cukup indah. Sayangnya tidak banyak diperhatikan karena lokasinya yang dekat dengan rumah penduduk.

  1. Candi Sambisari

Candi ini adalah candi yang cukup populer karena cukup unik. Keunikan ini dikarenakanlokasinya yang lebih rendah dari tanah sekitarnya. Dahulu candi ini sempat hilang karena terkubur lahar gunung Merapi. Sungguh menarik bukan? Untuk anda yang penasaran, anda dapat mengunjungi candi ini yang terletak di sebelah kanan Bandara Adisucipto.

  1. Candi gebang

Merupakan candi yang ukurannya paling kecil di antara candi di komplek Prambanan. Namun ia memiliki taman yang besar dan rapi. Sehingga sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

  1. Candi Ratu Boko

Merupakan salah satu candi yang sangat populer karena merupakan candi yang dahulu dipakai sebagai istana.Lokasi dari candi ini ada di perbukitan sebelah selatan Prambanan. Pemandangan yang ditawarkan pun begitu indah, terlebih apabila anda datang saat sunset.

Tidak diragukan lagi bahwa berkunjung ke Candi Prambanan adalah pilihan yang tepat ketika berlibur ke Yogyakarta. Namun, apabila anda masih ingin mengetahui lebih dalam mengenai Candi Prambanan, anda dapat mengunjungi www.traveloka.com untuk informasi yang menyeluruh.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

8359864
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
11839
11112
33514
8174246
231625
290225
8359864
Your IP: 3.88.156.58
2019-05-21 17:49