House of Sampoerna, Jelajahi Legenda Rumah Produksi Rokok Indonesia

31 Jan 2018
91 times
Sumber : maupiknik.com Sumber : maupiknik.com

Lintasjatim.com, Dari sekian banyak tempat wisata di Surabaya, House of Sampoerna merupakan objek wisata yang sayang jika kamu lewatkan.

Ada beberapa yang mungkin baru mendengar nama House of Sampoerna. Atau, mungkin juga akan mengingatkan kamu pada rokok Sampoerna. Jika demikian, kamu tidak salah. Pemilik tempat ini memang pendiri pabrik rokok tersebut, Liem Seeng Tee. Ia membeli gedung panti asuhan milik Belanda tersebut pada tahun 1932 dan menjadikannya tempat produksi pertama rokok Sampoerna hingga saat ini.

Namun, pada tahun 2003, tempat ini mengalami renovasi. Bagian kompleks utamanya mulai dibuka untuk umum. auditorium sentral pun diubah menjadi museum yang bisa kamu kunjungi untuk mengetahui seluk beluk perusahaan rokok kenamaan tersebut. Tidak hanya itu, untuk mendukung kenyamanan wisatawan selama di sini, tersedia juga café, galeri seni, dan kios merchadise untuk belanja oleh-oleh.

Keluarga Sampoerna juga memanfaatkan sisi barat bangunan sebagai tempat tinggalnya. Penasaran kan rumahnya seperti apa? Makanya, datang ke sini!

Lihat Produksi Rokok Manual dari Dekat

Sumber: okkyindrap.blogspot.co.id

Selain seluk beluk perusahaan, museum House of Sampoerna juga menawarkan pengunjung untuk melihat proses produksi rokok secara manual dari dekat. Kamu akan tahu apa saja yang digulung di dalam sebuah rokok serta apa yang digunakan sebagai penggulung rokok tersebut berikut cara menggulungnya.

Akses ke tempat wisata di Surabaya ini cukup mudah. Selain karena sudah terkenal, tempatnya juga berdekatan dengan Jembatan Merah, Jalan Taman Sampoerna No. 6.

Menilik sejarah panjangnya, bangunan dengan arsitektur Belanja ini rupanya sudah berdiri sejak tahun 1862. Empat pilar besar pada bangunan utamanya menjadi salah satu ciri atau gaya khas dari arsitektur Belanja tersebut. Tidak heran jika kemudian bangunan ini dijadikan situs bersejarah yang harus dilestarikan.

Sebagai tempat produksi rokok, kamu juga jangan heran ya jika begitu masuk ke kawasan ini langsung disambut aroma tembakau yang menyengat. Justru, kamu harus menyiapkan senyum hangat untuk membalas sapaan petugas museumnya yang siap menemani kamu berkeliling tempat ini.

Semua layanan ini bisa kamu dapatkan secara gratis, lho! Tanpa biaya masuk ataupun biaya tambahan guidenya.

Sumber: umihabibah.net

Kalau kamu mau, kamu juga bisa naik bus gratis untuk keliling Surabaya menggunakan bus Surabaya Heritage Track yang sengaja disediakan House of Sampoerna ini. Busnya mulai beroperasi dari jam 9 – 10 pagi, 1 – 2 siang, dan 3 – 4 sore. Kalau kamu takut gak keburu, lebih baik booking dulu H-1 sebelum kesana. Bus ini akan membawa kamu keliling Kota Tua dan berbagai tempat wisata di Surabaya lain di sekitarnya.

Pre-wedding di House of Sampoerna

Karena keseluruhan bangunan ini bernilai seni tinggi, banyak juga wisatawan yang melakukan pre-wedding di gedung ini. Penataan dan kebersihan tempatnya yang benar-benar dijaga, mampu menjadi latar foto yang ciamik.

Tentu saja walaupun semua fasilitas di sini disediakan secara gratis, untuk kebutuhan foto pre-wedding ini kamu harus tanya lagi kepada pengelolanya. Sama halnya ketika kamu masuk café dan tempat jual merchandisenya, untuk masuknya gratis, tapi kalau kamu pesan sesuatu tentu saja harus bayar. House of Sampoerna banyak digandrungi anak muda jaman sekarang karena tempatnya yang related dengan jaman ini. Walaupun berbentuk musem dan menyimpan sejarah, tapi sisi modern tetap dimunculkan dengan adanya café tersebut agar pengunjung tidak kebosanan setelah berkeliling di museum.

Rate this item
(1 Vote)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

Siapa calon Gubernur Jatim Favoritmu?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
4988650
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
3210
6545
33111
4814057
173046
4988650
Your IP: 54.80.81.223
2018-05-24 09:54