Pemberdayaan Umat Menjadi Fokus PCNU Lamongan 2018-2023

22 Jan 2019
957 times

lintasjatim.com., LAMONGAN – Beranjak siang hujan tiba-tiba mengguyur kabupaten Lamongan. Namun derasnya hujan tak menyurutkan langkah para warga NU mendatangi pelantikan PCNU Lamongan masa khidmat 2018-2023. Acara yang digelar pada hari rabu (23/1) ini diselenggarakan di Pondok Pesantren Darul Mustagitsin.


Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, antara lain Pj Rais Aam PBNU KH. Miftachul Akhyar, Jajaran Katib PBNU yang diwakili oleh KH Mujib Qulyubi, dan jajaran PWNU Jawa Timur yang diwakili oleh KH Syafrudin Syarif. Bahkan mustasyar PBNU KH Makruf Amin juga turut hadir dan memberikan sambutan pada perhelatan meriah tersebut.


Dr. Supandi selaku Ketua PCNU Lamongan 2018-203 dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberdayaan ekonomi umat, terutama yang fokus pada pendidikan, kesehatan dan perekonomian menjadi concern pada kepengurusan saat ini. Baginya, pekerjaan ini merupakan amanah umat yang harus diimplementasikan dengan program kerja.


Kami meminta do’a agar ke depan tidak hanya bisa menyusun program, tapi mampu menindaklanjuti untuk lima tahun ke depan dengan aksi-aksi nyata” imbuhnya


Fadeli dalam sambutannya pula, seakan menguatkan pernyataan ketua PCNU lamongan, bahwa pihaknya sudah menjalin kerjasama yang baik di bidang pendidikan dan kesehatan dengan PCNU Lamongan.


Ke depan akan kami tingkatkan lagi, terutama dalam hal peningkatan ekonomi keumatan” terangnya.


Setelah proses pelantikan, ketua PCNU Lamongan, Dr. Supandi Awaludin kemudian melantik Lembaga dan Badan Khusus yang disaksikan oleh ratusan kiai dan ribuan warga NU di atas panggung. Sedangkan Drs. H. Imam Ghazali selaku sekretaris membacakan SK-nya. Selain pelantikan pengurus Lembaga, pada kesempatan itu juga dikukuhkan pengurus Idaroh Syu’biyah Jam’iyah Ahli Thariqah al-Mu’tabaroh An-Nahdliyah (JATMAN).


Pj Rais Aam PBNU KH. Miftachul Akhyar merasa takjub karena acara pelantikan begitu meriah yang dihadiri ribuan tamu undangan. Menurut mantan Rois Syuriyah PWNU Jawa Timur ini, baru kali ini ia menyaksikan kemeriahan warga Lamongan dalam kegiatan NU. Ia berpesan sebagaimana tema yang diangkat, bahwa PCNU Lamonganharus mampu melahirkan program-program yang dapat menguatkan masyarakat, baik pikiran, inovasi, program, dan finansialnya. Dia memberikan wejangan pada seluruh pengurus PCNU Lamongan agar lebih cerdas dan melawan segala bentuk hoaks.


‘’Untuk program pendidikan dan kesehatan sudah cukup baik. Semoga program ekonomi bisa menjadi prioritas” tambahnya.


Adapun KH. Makruf Amin selaku Mustasyar PBNU mengingatkan seluruh kader NU harus melakukan penguatan umat. Hal itu harus dibangun supaya warga NU bisa berkompetisi membangun kekuatan ekonomi.


‘’Kalau umat ini kuat, maka bangsa ini juga menjadi kuat. Ini menjadi tugas kita sebagai kader NU. Mudah-mudahan pengurus bisa melaksanakan, sehingga menjadikan Indonesia lebih sejahtera,’’ pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan pelantikan ini, juga berhasil dilaksanakan penandatanganan prasasti pembangunan gedung SLB Ma’arif NU, serta penandatanganan pembangunan Mushalah Pengurus Cabang NU Lamongan. (Ek)

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

8054163
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
5132
8168
22585
7877410
216149
311780
8054163
Your IP: 54.226.73.255
2019-04-23 15:06