Tumbuhkan Spirit Nasionalisme, IPNU-IPPNU Unisma Gelar Sarasehan Kebangsaan

01 Dec 2017
93 times

Lintasjatim.com, Malang- Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempermudah akses pengaruh dan budaya luar dalam menelusup ke tengah-tengah pemuda masa kini. Sejarah yang merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu bangsa pun mulai terlupakan dan terbengkalai. Kejaran eksistensilah yang memenuhi benak para pejuang penerus bangsa Indonesia kini. Hingga mereka berani mempertaruhkan martabat bangsa dan tenggelam dalam bayang-bayang semu kesenangan yang tak tampak. Jiwa nasionalisme dan rasa peduli terhadap keutuhan NKRI pula mulai luntur, seakan akan mereka hanya ingin tinggal dan berkehidupan di sebuah tanah air tanpa memikirkan kondisi negara yang mereka tempati.

Dewasa ini kesadaran pemuda pemudi Indonesia bahwa tanah airnya sedang krisis peradaban dan moral semakin meningkat. Kenyataan ini salah satunya dapat dibuktikan dengan kegiatan Pengurus Komisariat Perguruan Tinggi  IPNU IPPNU Universitas Islam Malang dengan menggagas kegiatan yang mampu mampu mengajak para pemuda, khususnya mahasiswa, untuk kembali menyadari betapa pentingnya menjaga negara kita agar tetap aman dan solid. Kegiatan yang kami sebut Sarasehan Wawasan Kebangsaan ini bertajuk "Menumbuhkan Kepedulian Mahasiswa Nahdliyin dalam Menjaga Keutuhan NKRI".

Ratusan Anggota  IPNU IPPNU UNISMA ikut andil dalam memeriahkan acara ini. Fatchullah selaku Anggota DPRD Jawa Timur DAPIL V Malang Raya dan Noor Shodiq Askandar selaku Wakil Rektor II Universitas Islam Malang didapuk sebagai narasumber acara tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan di Hall KH. Oesman Mansur gedung Al hanafi Lantai 3 Universitas Islam malang inimengupas tuntas tentang peran Nahdlatul Ulama' (NU) dalam kapitalisme global. NU sangat berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. H. Fatchullah S.H. memaparkan bahwa semua warga NU pada saat ini berjuang pada segala bidang khususnya bidang politik, dimana politik ini sangat mempengaruhi tatanan negara Indonesia. Tatanan pemerintahan pasti bergantung pada pemimpinnya. Oleh karenanya, peran NU, yang notabene adalah organisasi sosial keagamaan, sangatlah dibutuhkan.

Askandar juga mengelaborasi bahwa untuk memperoleh kedudukan seperti itu, para generasi penerus perjuangan ulama', khususnya PKPT IPNU IPPNU UNISMA harus selalu konsisten terhadap apa-apa yang diyakini, harus berkorban dan berjuang terhadap apa-apa yang perlu dilindungi. Karna sejatinya mayoritas penduduk Indonesia adalah warga NU, jika seluruh warga NU yang ada di Indonesia bersatu maka keutuhan NKRI ini akan terjaga. Dan integritas negara akan meninggi menjadi negara yang berkualitas.

Kegiatan yang dilaksanakan pada rabu (29/11) ini juga sebagai tindak lanjut dari Masa Kesetiaan Anggota yang diselenggarakan oleh IPNU IPPNU Unisma beberapa minggu lalu. Sehingga, tujuan awal makesta, yaitu untuk menanamkan rasa cinta terhadap NU dan NKRI pada tiap-tiap kader dapat diimplementasikan dengan baik.(eric)

 

Rate this item
(4 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3966763
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
215
13338
62675
3745558
157324
3966763
Your IP: 54.82.112.193
2017-12-15 00:24