Upacara Bendera HUT 72 RI,Santri An Nasyiin Gelar Upacara Pakai Sarung dan Sandal Bakiak

17 Aug 2017
162 times

Pamekasan,Lintasjatim.com,- Peringatan 17 Agustus 2017, yang biasa digelar setiap tahun sekali, merupakan sebuah momen yang sangat bersejarah bagi penerus pejuang bangsa Indonesia.

Hal tersebut, dikarenakan sang proklamator Republik Indonesia Soekarno, Mengumandangkan kemerdekaan tanah air tercinta, dan bebas dari penjajah serta lepas dari belenggu penjajah yang bertahun-tahun mengusik bumi pertiwi Indonesia.

Dengan keberhasilan dan kemenangan para pejuang bangsa Indonesia, Masyarakat Indonesia memilih merayakan kemenangannya dengan menghormati dan mengenang seluruh pengorbanan pejuangnya, tepat pada 17 Agustus, Dengan diisi upacara 17an, sebagai bentuk terima kasih kepada para pejuang, yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan negara Indonesia.

Seperti yang digelar oleh siswa dan siswi serta Santri dan santriwati Pondok Pesantren An Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan,dalam merayakan ualang tahun Republik Indonesia ke 72, menggelar upacara dengan memakai sarung dan sandal Bakiak (Paccak).

Syarif Suodi Selaku Guru pengajar di Ponpes An nasyiin, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk mengenang dan mengingat sejarah perjuangan bangsa yang juga banyak dari kalangan Pesantren,yang dilakukan oleh para tokoh Ulama,Kiai dan Santri, untuk juga ikut merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu Syarif menambahkan, Santri juga harus di didik untuk selalu mencintai tanah air, dan mempunyai rasa peduli terhadap bumi pertiwi, karena menjaga keutuhan NKRI juga bagian dari tugas kita.

" Masyarakat atau kaum Sarungan yang juga menggunakan sandal bakiak,harus juga ikut berperan dalam menjaga ke utuhan NKRI, karna bagaimanapun pejuang kita dulu juga banyak dari kiai dan kaum sarung, yang juga menerebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan Penjajah". Tanggapnya

Dalam sajian yang berbeda, yang dilakukan oleh santri An Nasyiin Grujugan, merupakan sebuah bentuk kekayaan adat bangsa Indonesia, karna yang terpenting adalah mempunyai tujuan yang sama, yakni mengenang hari kebangkitan serta kemerdekaan Indonesia, dan juga selalu menjaga keutuhan NKRI.

Pewarta : Luthfiadi NASYA

Editor: Rachmad Kurnia Irawan

Rate this item
(0 votes)

5 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3723481
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
8076
9944
35998
3540221
192710
3723481
Your IP: 54.161.108.158
2017-11-22 18:19