Siswi MTsN 1 Kediri Peraih NUN Tertinggi Kabupaten Kediri

02 Jun 2019
158 times

Lintasjatim.com, Kediri - Salma Nuha Rismala meraih nilai ujian nasional (NUN) tertinggi se-Kabupaten Kediri untuk tingkat SMP dan MTs. Murid MTsN 1 Kediri tersebut mengumpulkan nilai sebesar 396,0.

ANDHIKA ATTAR

Sudah jadi rahasia umum kalau mata pelajaran (mapel) matematika menjadi momok besar pelajar. Anggapan tersebut seperti sudah menjamur dalam keseharian.

Namun semua anggapan itu ditepis oleh Salma Nuha Rismala. Ia justru menyukai mapel yang dipenuhi dengan deretan rumus dan angka tersebut. Baginya, mempelajari matematika dan ilmu eksakta lainnya merupakan hal yang mengasyikkan.

“Sejak MI sudah suka dengan matematika. Sering juga mengikuti lomba-lomba. Meskipun terkadang dapat juara, terkadang tidak,” ungkap gadis 15 tahun tersebut.

Bahkan, nilai ujian nasional (NUN) gadis tersebut mendapatkan hasil maksimal. Mapel matematika dan IPA remaja tersebut nilainya sempurna, 100,0. Sedangkan untuk mapel bahasa Indonesia dan Inggris sama-sama mendapatkan nilai 98,0. Praktis ia pun mengoleksi NUN sebesar 396,0.

Ia sendiri tidak menyangka mendapatkan hasil tersebut. Awalnya Salma hanya menargetkan tertinggi di sekolahnya saja. Namun justru mendapatkan hasil yang lebih baik. Yakni tertinggi se-Kabupaten Kediri. “Sama sekali nggak nyangka. Kan banyak juga yang lebih pintar dari saya,” ungkap gadis asal Desa/Kecamatan Kepung itu.

Salma merupakan siswa akselerasi di MTsN 1 Kediri. Otomatis ia pun mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bersama murid kelas 9 reguler. Sempat merasa minder, namun hal itu tak mempengaruhinya.

Mendekati UNBK kemarin, porsi belajarnya bahkan bertambah. Sekitar tiga bulan lamanya berbagai program tambahan dilahapnya. Mulai dari bimbingan belajar di sekolah maupun di luar sekolah dilakoni. Belum lagi belajar sendiri di rumah.

Sudah menjadi kebiasaan Salma berangkat sekolah naik angkot. Sedangkan pulangnya dijemput orang tua. Pasalnya, pulang sekolah sudah sore. Sekitar pukul 16.30 WIB. Pulang sekolah pun ia masih menyempatkan belajar kalau tidak lelah.

“Kalau sudah lelah biasanya langsung istirahat. Tetapi nanti setelah salat tahajud mulai belajar lagi sampai subuh,” aku Salma. Justru ketika mendekati UNBK, ia mengurangi intensitas belajarnya. Ia lebih memanfaatkan untuk istirahat.

Salma memang jatuh cinta dengan matematika dan pelajaran eksakta lainnya, Salma pun menyadari ada bakat di bidang tersebut. Beruntung lingkungannya sangat mendukung. Ia pun berhasil diterima di MTsN 1 Kediri karena penguasaan ilmu matematika tersebut.

Semasa kelas 6, Salma mengikuti olimpiade matematika yang diadakan oleh MTsN 1 Kediri. Kala itu, ia berhasil menyabet gelar juara tiga. Prestasinya itu pun diberikan ganjaran tiket emas untuk masuk MTsN 1 Kediri secara langsung. Tiket itulah yang membuka jalannya meniti prestasi demi prestasi di lembaga yang berada di Pare tersebut.

“Awal masuk disuruh ikut tes IQ. Nanti yang hasilnya di atas 130, berhak mengikuti PDCI. Alhamdulillah, saya mendapatkan hasil 149,” ungkap remaja yang lahir Desember tersebut.

Hari-hari Salma pun otomatis berubah. Ritme belajar dan kesehariannya pun harus mengikuti kebiasaan yang baru. Materi pelajaran yang dipadatkan, jam sekolah yang lebih lama, hingga waktu bermain yang banyak tersita. Kerja keras dan pengorbanan Salma membuahkan hasil yang memuaskan.

Atas prestasi yang berhasil diraih oleh Salma, sang Kepala MTsN 1 Kediri M. Maksun mengaku sangat bangga. Rasa syukur pun tak hentinya ia panjatkan atas berkah tersebut.

“Saya bersyukur atas prestasi yg diraih siswa kami. Ini kerja keras semua pihak. Bapak ibu guru serta peran komite yang telah membantu sarana yang ada di Madrasah. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

Ia pun berterima kasih kepada para wali murid yang telah mempercayai MTsN 1 Kediri sebagai tempat mencari ilmu putra-putrinya. “Saya setiap malam mendoakan siswa-siswi agar dapat meraih prestasi yang lebih tinggi. Semoga dengan NUN 396.0 ini bisa meraih prestasi di tingkat provinsi. Sehingga MTsN 1 Kediri bisa dikenal masyarakat luas,” papar Maksun.

radarkediri.jawapos.com

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

10523479
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2722
9102
11824
10318759
403209
525745
10523479
Your IP: 34.237.76.91
2019-09-23 10:13