Manfaatkan Bulan Suci, Kemenag Pasuruan Resmi Buka Pondok Ramadhan 1440 H

14 May 2019
332 times

Lintasjatim.com, Pasuruan – Bulan puasa merupakan momentum yang sangat tepat untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap peserta didik. Hampir semua lembaga pendidikan Islam berlomba-lomba mengadakan berbagai kegiatan positif baik sekolah swasta maupun negeri. Seperti halnya yang dilakukan oleh  Kelompok kerja kepala Madrasah (KKKM) Kota Pasuruan.

Kelompok yang terdiri dari para kepala sekolah Madrasah tersebut menginisiasi kegiatan pondok ramadhan 1440 H. Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan serentak di seluruh sekolah yang notabenya Madrasah seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Secara simbolis, kegiatan ini dilaksanakan di MTs Negeri Kota Pasuruan dan dibuka langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag) sebagai lembaga yang menaungi sekolah Madrasah, Selasa (14/05/2019).

Kegiatan yang melibatkan Madrasah di semua tingkatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Kemenag Kota Pasuruan seperti Kasi Pendma, Kasi Haji, Pengawas MI, MTs dan MA, Kasi Pontren, dan jajaran lainnya.  

Dalam pembukaan acara tersebut, Drs. Nur Edi Samani, M.Pd. Kepala MTs Negeri Kota Pasuruan mengungkapkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang terlibat serta berharap kegiatan tahun ini berdampak positif terhadap pendidikan di Kota Pasuruan.  

"Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam proses kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membentengi peserta didik dari hal-hal negatif. Karena akhir-akhir ini rusaknya akhlak menjadi tantangan yang luar biasa bagi lembaga pendidikan. Perkembangan teknologi berdampak pada pergaulan bebas yang sulit dikendalikan.” ujarnya dalam sambutan.

Dikesempatan yang sama, Dr. Abdul Wahib, M.Pd.I Kepala Kemenag Kota Pasuruan juga berharap kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dirinya menginginkan adanya pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga efektif dalam penanaman karakter.  

"Harapan saya pondok ramadhan ini beda dengan tahun sebelumnya sehingga timbul kesan secara menarik, kreatif dan menyenangkan agar selalu dikenang untuk anak madrasah dan lewat pondok ramadhan ada pesan khusus yang luar biasa agar menarik, berkesan baik bagi anak madrasah agar semangat energik merasuk ke hati." Pungkasnya.

Ia juga menghimbau kepada semua kepala Madrasah untuk bisa mengembangkan inspirasi dan kreatifitas di dalam pondok ramadhan. Tujuannya tidak lain supaya kegiatan ini lebih menarik dan menyenangkan sehingga membuat masyarakat tertarik masuk sekolah Madrasah.

Pembukaan ini diawali dengan Khotmul Qur'an yang dipimpin oleh Yusuf, M.Pd.I kepala MIN 1 Kota Pasuruan, dan ditutup dengan buka bersama. (mkh)

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

9459836
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
11726
17901
47668
9214071
402215
465032
9459836
Your IP: 54.81.69.220
2019-07-23 16:47