Dalam Rangka Hardiknas, Pelajar Maarif Pasuruan Apel di Tempat yang Tak Biasa

02 May 2018
250 times

Lintasjatim.com, Pasuruan - Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Pasuruan sedikit berbeda. Apel pendidikan memang tetap digelar Rabu (2/5). Hanya saja, lokasi apel tak melulu dilakukan di halaman perkantoran lembaga pendidikan. Ratusan pelajar madrasah dibawah naungan LP Maarif NU Kabupaten Pasuruan justru menggelar apel di kawasan pesisir Lekok.

Ratusan pelajar dari berbagai wilayah memadati areal pantai Pasir Panjang yang terletak di Desa Wates, Kecamatan Lekok. Apel digelar sekitar pukul 07.00 pagi. Ketua LP Maarif NU Kabupaten Pasuruan, KH Mujib Imron bertugas sebagai inspektur apel dihadapan ribuan pelajar tersebut.

Terik matahari yang menyengat tak menyurutkan semangat pelajar madrasah dari tingkat ibtidaiyah hingga aliyah untuk mengikuti apel. Latar belakang pantai dan perahu nelayan yang berjajar menjadi pemandangan tersendiri selama apel berlangsung. Keberlangsungan apel pendidikan itu pun berjalan dengan cukup khidmad.

"Peserta apel hari ini bukan hanya pelajar di kawasan pesisir saja. Melainkan juga dari wilayah dataran tinggi, seperti Kecamatan Tutur, Purwodadi dan lainnya. Kami sengaja menggelar apel pendidikan di tepi pantai. Tujuannya untuk memberikan dorongan kepada anak-anak nelayan, agar terus bersemangat dalam belajar," kata Ketua LP Maarif NU Kabupaten Pasuruan, Gus Mujib, panggilan akrab KH Imron.

Selain itu, Gus Mujib juga menyinggung soal pemerataan pendidikan di Kabupaten Pasuruan. Mengingat angka putus sekolah dan buta huruf banyak ditemukan di kawasan pesisir. Ia lantas menyebut peran madrasah dalam pemerataan pendidikan yang dirasakan masyarakat dari berbagai latar belakang.

"Kami berharap pendidikan di Kabupaten Pasuruan bisa merata. Anak-anak nelayan yang bermukim di kawasan pesisir, juga bagian dari generasi bangsa yang berhak mengenyam dunia pendidikan secara utuh," tambah Gus Mujib.

Hal lain yang ingin ditonjolkan yakni potensi wisata bahari di kawasan pesisir. Gus Mujib menyebut, eksplorasi dan pengenalan potensi wisata itu perlu dimaksimalkan. Dampak positifnya, tak lain ialah peningkatan perekonomian masyarakar pesisir Pasuruan.

"Ini momen yang tepat untuk mengenalkan potensi wisata bahari di Kabupaten Pasuruan kepada para pelajar. Terutama di bagian Timur Kabupaten Pasuruan. Dengan demikian kami berharap akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar," tandasnya.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

6720173
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
5426
6626
24642
6557474
131732
240713
6720173
Your IP: 34.229.140.153
2018-12-19 10:36

Follow Me

<iframesrc="https://www.facebook.com/plugins/page.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Flintasjatimcom%2F&tabs=timeline&width=340&height=500&small_header=false&adapt_container_width=true&hide_cover=false&show_facepile=true&appId=766623483475671"width="340"height="500"style="border:none;overflow:hidden"scrolling="no"frameborder="0"allowTransparency="true"allow="encrypted-media"></iframe>