Cara CBP KPP Banyuwangi Bentengi Pelajar Dari Paham Radikalisme

17 Dec 2017
722 times

Lintasjatim.com, Banyuwangi - Di ruang terbuka hijau (RTH) Dusun Simbar, Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi diadakan kemah pelajar. Kegiatan yang berlangsung sejak hari Jum’at hingga Minggu (17/12/2017) kemarin adalah sebagai bentuk langkah konkrit penanaman jiwa kebangsaan sekaligus mencetak pelajar cinta tanah air.

Kegiatan yang dimotori oleh Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) & Korp Pelajar Putri (KPP) Kabupaten Banyuwangi tersebut bermula dari kegelisahan pengurus kepada para pelajar sekarang yang menjadi sasaran empuk organisasi masyarakat (ormas) dengan ideologi radikalisme dan terorisme.

CBB dan KPP dalam kegiatan yang sekaligus memeriahkan acara pra konferensi cabang ini, berinisiatif melibatkan ratusan pelajar putra-putri dari Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan (MA/SMK) pilihan. Diantaranya; MA Nahdlatul Wathan Licin, SMK Darunnajah, SMA NU Genteng, SMAN 1 Glagah, SMK Darussalam, SMKN 1 Tegalsari, SMK NU Al-Futuhiyah Muncar.

Komandan DKC CBP Kabupaten Banyuwangi, M. Ridho Tantowi mengatakan, kemah pelajar ini merupakan langkah awal untuk menanamkan idologi anti teroris serta penanaman kebangsaan sebagai benteng pelajar dari rongrongan ideologi radikal.

“Terkadang kita kesulitan menjaring kader-kader yang berasal dari sekolah umum. Selama ini kan, kita terlalu sering menjaring kader di naungan pesantren atau sekolah-sekolah berada di naungan LP. Ma’arif. Dari sana, kita buat kegiatan yang temanya lebih umum agar sekolah-sekolah umum dapat terlibat. Alhamdulillah langkah ini sukses,” jelas Towi sapaan akrab M. Ridho Tantowi.

Untuk menjadikan kader yang militan dan cinta tanah air, lanjutnya, selama kegiatan para peserta dibagi mejadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri tujuh sampai sepuluh orang. Kemudian mereka mendapatkan beberapa materi; keagamaan, kebangsaan, edukasi narkoba, juga berbagai perlombaan.

“Diantara materi yang diajarkan adalah; ke-Aswajaan, ke-Nuan, CBPP-KPP, ke-Indonesiaan, Islam Moderat, Kepemimpinan, Public Speaking, dan lain-lain. Adapun ajang perlombaan yang digelar; ajang Pentas Seni (pensi), jurnalistik, membuat design logo banom NU, menyanyikan lagu mars syubanul wathan,” ujar Towi.

Hal senada juga diungkapkan ketua PC IPNU Banyuwangi, M. Yahya Muzakki, memberikan apresiasi atas inisiatif dan inovasi yang dilakukan badan Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini sebagai sarana untuk membentuk pelajar yang berkarakter dan toleransi terhadap semua perbedaan,” terang Yahya saat dikonfirmasi lintasjatim.com, Minggu (17/12/2017).

Dalam kegiatan itu, salah satu peserta mengatakan senang atas terlaksanannya kegiatan tersebut. Seperti yang diungkapkan Kevin Fadhilah, pelajar asal sekolah SMA 1 Glagah. Ia menjadi lebih paham bagaimana memilih dan bersikap terhadap golongan atau pemikiran radikal.

“Selama ini saya hanya aktif pada kegitan di remaja masjid sekolah. Jarang sekali ikut kegiatan-kegiatan di luar apalagi berhubungan dengan nilai-nilai kebangsaan,” ujar Kevin, pelajar kelas X yang bercita-cita menjadi teknisi pesawat terbang sebagaimana Bacharuddin Jusuf Habibie.

Hadir dalam acara tersebut komandan DKW KPP Anggita Putri Ningrum, ketua PC IPNU Banyuwangi M. Yahya Muzakki, ketua PC IPPNU Banyuwangi Halimah, komandan DKC CBP Banyuwangi M. Ridho Tantowi, komandan DKC KPP Banyuwangi Novita.

Sementara yang berhasil menggondol nominasi juara umum berasal dari sekolah MA Nahdlatul Wathan Licin. Berhasil meraih point tertinggi dalam; juara I lomba pendirian tenda, juara I lomba yel-yel beserta gerakan, juara II lomba pembuatan logo banom NU, dan juara III lomba pentas seni. (M. Sholeh Kurniawan). [Shol]

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

Siapa calon Gubernur Jatim Favoritmu?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
5485524
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1460
8175
9635
5321869
174698
263211
5485524
Your IP: 54.198.104.202
2018-07-23 04:12