RS Unipdu Medika Adakan Operasi Katarak 1.000 Pasien Gratis!

Lintasjatim.com, Jombang - Rumah Sakit (RS) Unipdu Medika, Peterongan, Jombang, akan menggelar operasi katarak secara gratis dengan target 1.000 pasien. Dalam kegiatan itu, RS Unipdu Medika menjalin kerjasama dengan lembaga 'A New Vision' asal Singapura dan Yayasan Baitul Al-Khairiyah yang beralamat di Bandung Jawa Barat. 

Meski acara itu digelar 15 hingga 17 April 2017, namun persiapannya sudah mulai dilakukan. Bahkan dua lembaga, New Vision dan Yayasan Baitul Al-Khairiyah, sudah melakukan pengecekan kelayakan RS Unipdu Medika yang akan dijadikan tempat operasi katarak gratis.

"Untuk tempat sudah oke. Di RS Unipdu ada dua ruang operasi yang memenuhi syarat. Karena peserta operasi ini kita targetkan sampai seribu orang," ujar Co-Founder & Direktur A New Vision, Effi Jono, yang didampingi Wakil Direktur Umum RS Unipdu Medika Zahrul Azhar, serta General Manager Yayasan Baitul Al-Khairiyah, Nadya Abdu Sodiq S Bawazier.

Effi menjelaskan, operasi katarak itu terbuka untuk umum. Sudah begitu, panitia penyelenggara juga tidak menarik biaya sepeser pun. Semuanya dijamin gratis. Perempuan bermata sipit ini juga mengatakan bahwa tingkat kebutaan akibat katarak di Indonesia cukup tinggi.

"Tingkat kebutaan di Indonesia paling tinggi. Rata-rata 2,6 persen. Jumlah itu mengalahkan Eithopia sebesar 1,8 persen. Mereka kebanyakan berusia di atas 50 tahun. Data itu berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan," ujar Effi sembari menunjukkan data yang dimaksud.

Wakil Direktur Umum RS Unipdu Medika Zahrul Azhar atau Gus Hans mengatakan, rumah sakit yang ia kelola siap menggelar operasi katarak gratis. Tidak tanggung-tanggung, dua ruang operasi sudah disiapkan. Pihaknya juga mempersilahkan masyarakat yang menderita penyakit katarak untuk mendaftar.

"Hanya membawa KTP sudah bisa mendaftar. Pendaftaran bisa dilakukan di Kodim Jombang sekaligus pemeriksaan kesehatan, yakni 14 April 2017. Sedangkan operasinya 15 sampai 17 April di RS Unipdu Medika," ujar Gus Hans, Jumat (3/3/2017).

General Manager Yayasan Baitul Al-Khairiyah, Nadya Abdu Sodiq S Bawazir, menambahkan, lembaganya selama memang konsisten di bidang kemanusiaan. Termasuk ikut mendukung operasi katarak di RS Unipdu Medika. 

"Semoga acaranya nanti berjalan lancar. Kami sudah mengecek persiapan di RS Unipdu Medika, Alhamdulillah semuanya siap," ujar perempuan berjilbab ini. [beritajatim.com]

Rate this item
(0 votes)

304 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3723303
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
7898
9944
35820
3540221
192532
3723303
Your IP: 54.161.108.158
2017-11-22 18:05