Menurut Gus Izza Sadewa Begini Cara Mempersempit Paham Radikal

02 Jun 2018
340 times

Lintasjatim.com, Sidoarjo - Maraknya isu teror dibeberapa daerah terutama setelah ledakan bom di kota Surabaya dan kabupaten Sidoarjo masih menuai banyak kutukan. Pengeboman tersebut adalah tindakan yang tidak berperikemanusiaan. 

Para kiai, aparatur Negara dan masyarakat pada umumnya mengutuk pelaku teror. Apa yang dilakukan oleh teroris bukanlah ajaran agama. 

Salah satu kiai muda Gus Izza Sadewa putera dari kiai Imron Jamil Jombang Jawa Timur menjelaskan, dari sudut apapun, tindakan teror tidak dapat dibenarkan.

"Jangankan dari sudut pandang Ahlit Thoriqoh, dari sudut pandang manusia biasa saja tindakan teror tersebut sudah menyimpang jauh dari agama," tutur Gus Izza Sadewa saat mengisi ceramah di kecamatan Wonoayu kabupaten Sidoarjo, Jumat (01/06). 

Gus Izza menambahkan bahwa mereka para pelaku teror adalah orang-orang yang ilmu agamanya sedikit dan semangat jihadnya besar. Selain itu mereka yang semangat belajar agama tetapi salah dalam memilih ustadz atau kiai.

"Mestinya dalang dari pengeboman itu tidak pantas disebut ustadz. Dan yang menganggap dalang pengeboman itu ustadz, adalah orang-orang 'Geblek' (bodoh) saja," kata Gus Izza sambil tertawa. 

Dan yang lebih berbahaya dari teroris, lanjut Gus Izza Sadewa adalah pendidikan yang salah. Karena pada dasarnya terorisme merupakan tindakan dari sebuah keyakinan pada ideologi atau faham tertentu yang diajarkan dari sebuah pendidikan.

"Solusinya adalah pendidikan pesantren NU, yang dapat meminimalisir faham-faham radikal tersebut," tegasnya. 

Pesantren NU sudah jelas NKRI Harga Mati. Tanpa pesantren para orang tua siswa akan kesulitan dalam mengontrol pergaulan anak-anaknya, pungkas Gus Izza. (stj/coi).

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

Siapa calon Gubernur Jatim Favoritmu?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
5231082
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
1975
9710
43243
5051082
183467
5231082
Your IP: 54.162.227.37
2018-06-21 04:44