Berjalan Tertib dan Lancar, Riza Pecahkan Rekor Muri Ngaji Kitab Kuning

23 Oct 2017
153 times

lintasjatim.com, Sidoarjo - Acara peringatan Hari Santri 2017 Berlangsung khidmat, Aman dan Tertib. Peringatan Hari santri, Ahad 22 Oktober 2017 di GOR Sidoarjo itu bernuansa Santri.

Ada beberapa keunikan pada kegiatan yang di inisiasi oleh H. Reza Ali Faizin ketua PC GP. Ansor Sidoarjo tersebut. Diantaranya adalah ijazah kitab kuning 'Nashoihul Ibad' oleh Rais 'Aam PBNU KH. Ma'ruf Amin. Proses ijazahan tersebut diikuti oleh 80 ribu lebih santri. Hal ini membludak dari 23 ribu santri yang dicatat Muri, karena yang menijazahkan kitab adalah KH. Ma'ruf Amin, Cicit dari Syaikh Nawawi Al Banteni.

"Dari data yang diajukan ke Muri sebanyak 23 ribu santri, namun hari ini melebihi dari yang disampaikan ke Muri. Berdasarkan konfirmasi panitia sebanyak 80 ribu lebih santri yang hadir," kata senior Manager Rekor Muri Sri Hidayati saat menyampaikan piagam Muri kepada Riza Ali Faizin.

Tidak hanya ngaji kitab kuning, terapi juga ada Kirab santri dari tiga titik masjid menuju GOR Sidoarjo. Acara itu bertujuan mengenalkan para santri akan perjuangan para pahlawannya 'Napak Tilas' yakni peran kiai dan santri pada resolusi jihad NU 10 November 1945.

Dalam memotivasi santri, GP. ANSOR Sidoarjo juga memberikan penganugerahan santri berbakat 2017. Santri tersebut bernama Bisma Rohmatulloh, mondok di Kudus berusia 10 tahun hafidz alqur'an asal Sidoarjo, dan menguasai beberapa kitab kuning seperti bulughul maram dan Durrotunnasihin. KH. Ma'ruf Amin yang memberikan cindera mata kepada Bisma berharap, kedepan Bisma dapat menghafal kitab Tafsir Munir karya Syaikh Nawawi.

"Dengan menggenapi hafalan Tafsir Munir maka anak ini akan menjadi satu-satunya ulama Indonesia di usia paling muda," ujarnya.

Selain rangkaian acara ngaji, iringan shalawat albanjari beserta Drum Band dari GP. Ansor dan Banser saat para kiai memasuki ruangan memberikan nuansa santri. Tak lupa juga Kreasi santri 5 ribu santri membentuk koreografi merah putih dan NKRI.

Diakhir acara para santri dihibur dengan Wali Band sebagai duta nasional Ayo Mondok. Lengkap dengan Tim kesehatan dan kebersihan yang bertugas memberikan pelayanan pada pelaksanaan Hari Santri.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, kiai-kiai khos dan jajajan Syuriah, Tanfidziyah PCNU Sidoarjo yang telah berpartisipasi suksesnya acara Hari Santri 2017 ini, semoga kedepan momentum hari santri menjadi penyemangat bagi santri dalam mengawal NKRI. Masih banyak kekurangan dan kedepan harus lebih baik lagi," pungkas Riza Ali Faizin ketua PC GP. ANSOR Sidoarjo.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3966785
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
237
13338
62697
3745558
157346
3966785
Your IP: 54.82.112.193
2017-12-15 00:26