Hadir di Cangkir 9, Afi Nihaya Faradisa Memberikan Pesan Perdamaian

09 Jun 2017
2044 times

lintasjatim.com, Surabaya - Cangkir Sembilan menggelar forum cangkruk fikir 9 dengan tema besar Romadonesia, meneguhkan kembali khittah keindonesiaan menuju seribu bulan kemerdekaan.

Acara itu digelar pada panggung bazar ramadan PWNU Jatim, Jumat 09 Juni 2017 dengan menghadirkan Zawawi Imron Budayawan, penulis dan inspirator Robikin Emhas dan Afi Nihaya Faradisa. Hadir pula Banser Jawa Timur yang senantiasa mengawal NKRI.

Penanaman karakter untuk cinta terhadap bangsa Indonesia harus senantiasa ditanamkan. Afi merupakan salah satu dari sekian banyak pelajar yang mencoba mengungkapkan rasa cintanya kepada negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Kenapa harus mencintai negara Indonesia, Zawawi Imrron budayawan menjelaskan karena kita lahir di Indonesia, kita menghirup udara di Indonesia, kita bersujud di Indonesia, Indonesia adalah sajadah kita semua. Indonesia juga merupakan serpihan surga yang diberikan oleh Allah SWT yang harus disyukuri dan dijaga.

"Jangan kita kotori Indonesia dengan cacian, hujatan, dan kebencian," kata Zawawi Imron dalam puisi yang disampaikan melalui video streaming.

Tuhan menciptakan keragaman, berbangsa-bangsa dan bersuku bangsa, oleh karena itu siapa saja yang mengingkari apa yang sudah digariskan oleh Allah SWT tersebut berarti mengingkari apa yang telah dikehendaki oleh Allah SWT, tutur Robikin Emhas.

Meminjam statement Gus Dur, Robikin menjelaskan Agama harus dijadikan inspirasi untuk menciptakan nilai-nilai perdamaian, kerukunan, toleransi, budaya dan peradaban.

"Bagi NU pancasila adalah rumah besar dalam mewadahi keberagaman," tambahannya.

Selain itu Afi memaparkan bahwa untuk menghadapi kelompok yang ingin menghancurkan NKRI harus dihadapi dengan pemikiran yang jernih dalam mempertahankan prinsip-prinsip perdamaian. Keberanian Afi menulis tentang perdamaian itu banyak dibully bahkan diteror. Namun keberanian Afi menyampaikan tulisan yang mengajak kepada perdamaian itu menjadikan sebuah inspirasi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Tulisan Afi yang berjudul "Warisan" menjadi ancaman bagi kelompok yang meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan. Agama adalah anugerah yang mengajak kepada perdamaian, namun lanjut kata Afi "Mereka berjenggot tapi bukan seperti berjenggotnya Nabi Muhammad SAW yang senantiasa menebar kedamaian, mereka seperti berjenggotnya Abu Jahal yang suka mencaci dan mengujar kebencian," ujar Afi.

Acara Cangkir Sembilan merekomendasikan sembilan hal diantaranya adalah mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk senantiasa mempertahankan keutuhan NKRI, rasa kesadaran yang mendalam untuk mencintai sesama manusia, mempertahankan nilai-nilai luhur budaya, serta mempertahankan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT yang telah menciptakan bangsa Indonesia dan keberagaman.

Rate this item
(0 votes)

68 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

Siapa calon Gubernur Jatim Favoritmu?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
5652307
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
5097
7183
18921
5498957
101758
239723
5652307
Your IP: 54.198.96.198
2018-08-14 14:02