Remas Al Akbar Tangkal Paham Radikalisme Kuasai Remaja Muslim

03 Jun 2018
457 times

Lintasjatim.com, Surabaya – Bibit paham radikalisme tumbuh subur di dua tempat, yaitu tempat pendidikan dan tempat ibadah. Terutama di masjid kerapkali menjadi mimbar bagi mereka menyampaikan paham-paham keagamaan yang bernuansa intoleran. Terutama bagi generasi muda yang dengan mudahnya diberi pemahaman radikalisme.

“Untuk itu, kami mengadakan seminar remaja muslim mengambil tema peran pemuda muslim dalam menangkal paham radikalisme untuk menjaga kedaulatan NKRI,” kata Ahmad Ainun Najib, Ketua Remaja Masjid Al Akbar Surabaya (1/6/).

Najib melanjutkan, tidak hanya untuk kalangan remaja atau pemuda masjid saja, Remas Al Akbar bergandengan tangan dengan organisasi pelajar, di antarnya IPNU, IPPNU, CBP, KPP, IPM dan PII.

“Kenapa? karena kami tahu bahwa saat ini pelajar juga terlibat pada aksi bom bunuh diri di Surabaya beberapa minggu lalu. Maka dari itu, kami menggandeng organisasi pelajar dan beberapa lembaga pendidikan,” jelas Najib.

Acara seminar yang digelar pada hari sabtu (02/06) sore kemarin, dihadiri dua narasumber yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga H Imam Nahrawi dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin. Keduanya bicara soal pemuda dan radikalisme khususnya di Jawa Timur.

Menurut Najib, antusias pelajar dan remaja sangat luar biasa yang bisa dilihat dari jumlah peserta mencapai 1.000 lebih.

“Dari awal target kami mencapai seribu peserta, dan benar dugaan kami peserta membludak,” tutur Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel ini.

Selain itu, sebelum kedua narasumber menyampaikan pematerinya, Remas Al Akbar akan mendeklarasikan Laskar Pemuda Masjid Anti Radikalisme

“Tentu laskar ini dibentuk tidak hanya sekedar nama saja, para peserta atau pemuda nantikan akan kami pesantrenkan di Masjid Al Akbar dengan nama pesantren milenial,” tutup Najib.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

6036953
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
6708
9525
32107
5854521
234112
252292
6036953
Your IP: 54.80.58.121
2018-09-26 15:31