Sebelum Terjun ke Masyarakat, UMSIDA Bekali Mahasiswa Melalui KKN

13 Feb 2018
132 times

Lintasjatim.com, Jombang - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program intrakulikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMSIDA yang memadukan bentuk kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta penguatan al-islam dan kemuhammadiyahan.

Melalui KKN ini mahasiswa UMSIDA memiliki kesempatan untuk memberikan solusi terbaik untuk masalah-masalah yang ada dimasyarakat. Dari segi pendidikan, lingkungan dan kesehatan serta ekonomi dan kewirahusahaan menjadi fokus utama KKN Pencerahan 2018 yang digagas oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Bertempat di desa Candimulyo Kecamatan Jombang ada 19 mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Sidoarjo terdiri dari berbagai fakultas dan program studi yang berbeda satu sama lain untuk melakukan pembinaan dan pelatihan  kepada warga dan pelajar yang ada.

Misalnya saja, dalam bidang pendidikan selain adanya BIMBEL gratis, pada Sabtu 10 Februari 2018 bertempat di GDM (Gedung Dakwah Muhammadiyah) Jombang diadakannya seminar business plan dengan tema “Mencetak Generasi Entrepreneur dalam Menghadapi Ekonomi ASEAN” yang mana menjadi target peserta adalah kelas 10 dan 11 SMA Muhammadiyah 1 serta IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Jombang.

Acara tersebut juga didukung oleh lazismu dan aisyah cabang. Dengan tema tersebut, diharapkan sedikit mampu menjawab permasalahan di lingkungan pendidikan dimana masih banyak pelajar berada dizona nyaman serta belum mengetahui bagaimana menangkap peluang untuk mengasah bakat dan potensi yang ada demi kemajuan negara.

“Kami ingin mereka mampu mengasah kemampuan, kreatifitas dari bakat yang dimiliki ke arah yang lebih positif untuk menghadapi masih banyaknya permasalahan dikalangan generasi muda terutama pelajar yang memiliki keinginan kuat untuk berbisnis” ungkap Rio Saputra mahasiswa pendidikan bahasa inggris semester 5 selaku ketua pelaksana.

Lebih lanjut, salah satu peserta seminar yakni Maulana selaku ketua IPM mengatakan jika acara seminar tersebut cukup baik mengingat materi yang dibahas cukup luas daripada materi-materi seminar sebelumnya.

Sementara itu, pemateri Hadiah Fitriyah mengungkapkan bahwa adanya kegiatan tersebut merupakan langkah awal positif untuk menumbuhkan rasa percaya diri serta berani melakukan apa yang diinginkan tanpa rasa malu dan takut. Dimana, menurutnya pelajar tidak hanya dibentuk dan dibina secara materi saja, namun juga membutuhkan pembentukan dan pembinaan karakter dan kemampuan yang dimiliki.*

Rate this item
(0 votes)

1 comment

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

Siapa calon Gubernur Jatim Favoritmu?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
5230778
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
1671
9710
42939
5051082
183163
5230778
Your IP: 54.162.227.37
2018-06-21 04:16