Pengurus TPID Kecamatan Wonoayu Sidoarjo Tahun 2018 Resmi Dikukuhkan

25 Sep 2018
49 times

Lintasjatim.com, Sidoarjo - Program Inovasi Desa (PID) yang digagas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dimaksudkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana desa baik sebagai pembangunan infrastruktur maupun pengembangan ekonomi.

"PID hadir sebagai langkah untuk mendorong peningkatan kualitas ekonomi, kesehatan dan pelayanan masyarakat dengan memberikan referensi dan inovasi pembangunan desa," ujar Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Sidoarjo Deyisnil, Senin 24 September 2018 di usai memfasilitasi Musyawarah Antar Desa (MAD) PID Kecamatan Wonoayu.

Dalam acara yang dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan, Kepala Desa, BPD dan TPID Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo tersebut Deyis mengatakan, selain Inovasi di bidang Ekonomi, PID juga untuk inovasi bidang Kesehatan yakni pelayanan Balita penyandang Gizi Buruk atau Stunting.

"Jadi harapan kami PID ini selain kita mampu menyediakan pelayanan teknis inovasi desa, juga mewujudkan inovasi di bidang Kesehatan baik secara pelayanan maupun pemenuhan kebutuhan pada Stunting," ujarnya.

Sementara itu melalui PID ini Arif Hidayatulloh TA Kabupaten Sidoarjo juga menyampaikan bahwa pengertian inovasi bukan berkutat pada produk unggulan saja tetapi bagaimana dengan potensi produk unggulan masyarakat desa tersebut dapat diakomodir dengan berbagai inovasi baik pemasarannya, produksinya maupun manajemennya, itu yang terpenting dari PID ini, ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal itu, kemudian disiapkan penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD). Keberadaan P2KTD juga untuk meningkatnya kualitas pelayanan pada Posyandu, meningkatkan kualitas pelayanan pada PAUD, dan lain sebagainya.

"Penyedia P2KTD dalam PID merupakan lembaga profesional yang menyediakan jasa keahlian teknis tertentu di bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur desa, dan juga kesehatan desa," tambah Arif Hidayatulloh.

P2KTD, lanjutnya, bersifat mendukung pendampingan teknis yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di kabupaten dan tenaga Pendamping Profesional Desa. Awal munculnya PID adalah untuk menjaga kualitas pemanfaatan DD agar tetap konsisten dalam mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pelayanan sosial dasar, termasuk mendukung produktivitas ekonomi masyarakat desa dan kesehatan desa.

Dari MAD 1 PID Wonoayu tersebut ditetapkan Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo sepeeti Syaiful Anas, Wiwin, Lina, Dyah dan beberapa pengurus lainnya yang di SK oleh Camat Wonoayu untuk satu tahun anggaran. (stj).

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

6251363
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
6651
9329
67605
6042812
172755
275767
6251363
Your IP: 54.161.77.30
2018-10-21 17:48