Bojonegoro Waspada HIV Aids, Hampir Menyebar ke Seluruh Kecamatan

lintasjatim.com, BOJONEGORO - Penyebaran HIV/Aids di Kabupaten Bojonegoro, hampir menyeluruh di setiap kecamatan. Namun ada lima kecamatan tercatat tingkat epideminya (kasus penderita HIV/Aids) tinggi. Lima kecamatan itu diantaranya kecamatan Kota Bojonegoro, Dander, Balen, Kalitidu dan Baureno.
 
"Data penderita HIV/Aids di lima kecamatan itu dari rumah sakit," ujar Kepala Sekretariat KPA Bojonegoro, Jhony Nur Harianto, Kamis (14/4/2016).
 
Rata-rata, kata dia, penderitanya ibu rumah tangga yang pernah ditinggal suaminya merantau, kemudian pulang dan berhubungan badan. "Saat merantau kebanyakan yang lelaki njajan (berhubungan badan) dengan wanita lain yang tidak diketahui sedang menderita HIV/Aids, kemudian istrinya dirumah tertular setelah berhubungan badan," jelasnya.
Menurut Jhony, selama tahun 2015 lalu jumlah penderita HIV/Aids di Bojonegoro mencapai 186 orang. Dari jumlah itu sebanyak 25 orang meninggal dunia. "Untuk tahun 2016 ini datanya belum kita rekap," paparnya.
 
Sementara itu, di Kecamatan Kota puluhan kepala desa, UPT dan kader kesehatan masing-masing desa antusias mengikuti sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids dari KPA. "Mereka (para peserta) kami minta untuk tidak melakukan hubungan badan sembarangan. Juga kami minta menjadi pelopor pencegahan HIV/Aids di masing-masing desa," katanya.
 
Jhony Nur Harianto, mengatakan, Kecamatan Kota merupakan salah satu dari empat kecamatan lainnya yang tingkat epideminya (kasus HIV/Aids) tinggi. Sehingga, KPA melakukan sosialisasi pencegahan HIV/Aids di kecamatan setempat. "Pesertanya mulai kepala desa se-kecamatan kota, UPT dan kader kesehatan di masing-masing desa," jelasnya.*
Rate this item
(0 votes)

144 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3966971
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
423
13338
62883
3745558
157532
3966971
Your IP: 54.82.112.193
2017-12-15 00:43