Dinkes Gresik Himbau Waspada DBD di Musim Hujan

lintasjatim.com, GRESIK – Pemerintah Kabupaten Gresik meminta warga agar mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), terutama saat memasuki musim hujan seperti sekarang. Meski belum dikatakan status Kejadian Luar Biasa (KLB), potensi peningkatan berbiaknya nyamuk mematikan ini terus berkembang. Dalam Minggu pertama Januari 2016, tercatat ada 11 penderita DBD.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Sugeng Widodo mengataka, saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini ada kecenderungan penyakit DBD menyerang masyarakat.
 
“Hal itu salah satunya dikarenakan banyaknya genangan air bekas air hujan yang tertampung di dalam wadah-wadah milik masyarakat. Padahal, itu bisa menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak,” kata Sugeng saat ditemui di kantornya, Senin 11/01/2016.
 
Dia mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dan juga menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya dengan menutup, mengubur dan menguras bejana yang berisi dengan air demi memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD.
 
“Satu lagi, yakni senantiasa menjaga kebersihan dilingkungan sekitar. Saat ini kami juga sudah meminta kepada masing-masing pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas untuk membantu melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat terkait dengan kondisi curah hujan,” tandasnya.
 
Selain itu, Sugeng menekankan kepada Puskesmas yang ada di masing-masing kecamatan di Kabupaten Gresik agar siaga guna mengantisipasi penyakit demam berdarah di wilayahnya di Kabupaten Gresik ini.
 
“Tidak hanya penyakit demam berdarah saja yang perlu diwaspadai saat musim hujan seperti sekarang ini di Kabupaten Gresik. Penyakit lain seperti diare juga menjadi salah satu konsen penanganan dari dinas kesehatan terutama saat musim hujan dengan intensitas lama ini,” terangnya.
 
Di Kabupaten Gresik, kata dia, seluruh puskesmas akan selalu siaga dalam menangani dua penyakit tersebut jika memang ditemukan di wilayah kerja masing-masing.
 
“Puskesmas yang menjadi ujung tombak pelayanan di masing-masing kecamatan akan senantiasa memberikan laporan kepada kami terkait dengan potensi dua penyakit tersebut yang bisa menyerang warga masyarakat saat musim hujan,” pungkasnya.
 
Dari data Dinkes, pada Januari 2016 Minggu pertama ada 4 orang yang terkena Demam Berdarah, dan 7 orang menginap di RSUD Ibnu Sina. Sedangkan pada 2015 jumlah keseluruhan 574 penderita DB dengan korban meninggal sebanyak 4 penderita.
 
Dalam hal ini terlihat menurun jika dibanding pada tahun 2014 pada penderita yang meninggal dunia yakni 6 orang dari 262 orang penderita Demam Berdarah Dengue.*
 
sumber: beritagresik.com
Rate this item
(0 votes)

151 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3966984
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
436
13338
62896
3745558
157545
3966984
Your IP: 54.82.112.193
2017-12-15 00:44