Keren! Mahasiswa ITS Ciptakan Teknologi HP Anti Begal

Mahasiswa ITS sedang menjelaskan HP anti begal Mahasiswa ITS sedang menjelaskan HP anti begal

Lintas Jatim, Surabaya - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mengembangkan aplikasi pengantisipasi permasalahan yang sering dialami oleh pengendara bermotor ketika dijalan, semisal begal.

Aplikasi canggih rakitan Alvin Rahman Kautsar, Achmad Affandi, Stezar Priansya, Noptrina Puspitasari, dan Shaqilla Az Zahra ini dapat mengantisipasi beberapa permasalahan antara lain kasus pembegalan, kasus kecelakaan dan ban bocor.

"Partmaps adalah aplikasi berbasis android pada smartphone, yang bertujuan untuk saling mengetahui dan memantau sesama pengguna aplikasi supaya bisa saling mengingatkan agar terhidar dari ancaman begal," kata Alvi kepada beritajatim.com, Rabu (10/8/2016).

Ia menjelaskan, dalam aplikasi Partmaps terdapat dua fitur utama, yakni peta digital dan threat button. Dengan peta digital, pengguna dapat mengetahui titik lokasi teman-temannya sesama pengguna Partmaps yang tergabung dalam satu grup. 

Sedangkan threat button digunakan untuk mengirim notifikasi ancaman secara cepat ke semua teman grup dengan menekan tombol volume pada smartphone. Semua anggota grup berhak mengonfirmasi kebersediaan mereka untuk datang menolong atau tidak. 

"Pengirim notifikasi bahaya juga akan tahu siapa saja yang akan datang menolongnya," jelas Alvin.

Jika keadaan telah dirasa aman oleh pengirim notifikasi, maka ia akan menekan tombol aman untuk mengabarkannya. Dengan adanya aplikasi Partmaps, para pengguna tentu akan lebih mudah memberikan kabar saat kondisi bahaya. 

"Daripada kirim SMS atau chat, lebih mudah dengan sekali tekan tombol volume,” tutur Alvin sembari mengatakan bahwa semua fitur tentu akan berfungsi saat pengguna tersambung dengan koneksi internet dan GPS yang aktif.

Latar belakang untuk mewujudkan aplikasi ini adalah data kasus pembegalan dari Polda Metrojaya. Tercatat sebanyak 80 kasus begal terjadi di wilayah Jabodetabek per Januari 2015. Nah, hal itulah yang menguatkan kelimanya untuk menghadirkan aplikasi inovatif ini di masyarakat.

Karya inovatif ini pun akhirnya lolos mendapat pendanaan melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) dan membawa mereka pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB) yang masih berlangsung hingga saat ini. 

Partmaps yang berasal dari kata partners dan map ini belum secara resmi dirilis bebas. Mahasiswa asal ITS ini menargetkan bisa menggandeng pihak pemerintah dan kepolisian untuk mendukung aplikasi tersebut.(ito/suf/beritajatim)

Rate this item
(0 votes)

2 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3966780
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
232
13338
62692
3745558
157341
3966780
Your IP: 54.82.112.193
2017-12-15 00:25