Pasca Pemilu: ASKOPIS Ajak Masyarakat Untuk Menjaga Persatuan

Lintasjatim.com, Jakarta – Pesta demokrasi lima tahunan–Pemilihan Umum 2019 sedang memasuki proses perhitungan suara. Ini menjadi hal yang baru karena Pemilu Pemilihan Presiden dilakukan secara serentak dengan Pemilihan Legislatif.

Ada banyak dinamika yang terjadi pasca pelaksanaan Pemilu. Menyikapi hal tersebut, DPP Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS) menyampaikan beberapa sikapnya melalui rilis yang diterima Analisa Indonesia pada Selasa, 23/4/2019.

Pesan Persatuan

“Kami mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat dalam Pemilu 2019 yang telah berlangsung secara aman dan damai, yaitu: Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon Anggota Legislatif, TNI, Polri, KPU, Bawaslu dan seluruh Rakyat Indonesia,” rilis ASKOPIS yang ditandatangani ketua umum Mohammad Zamroni.

ASKOPIS juga mengingatkan pentingnya persatuan dan meminta kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam kontestasi Pemilu 2019 untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, dan menempatkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Pesan senada juga ditujukan ASKOPIS kepada semua lapisan masyarakat untuk menjaga dan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

ASKOPIS mendukung TNI dan Polri dalam melaksanakan tugasnya sebagai penjaga perdamaian, keamanan dan ketertiban masyarakat untuk mengantisipasi segala macam tindakan yang dilakukan oleh siapapun yang bertujuan untuk mendelegitimasi hasil Pemilu 2019, mengacaukan dan merongrong wibawa pemerintah dan negara Indonesia.

Sementara itu, kepada media massa dan media sosial ASKOPIS menyerukan untuk setia dan taat pada nilai-nilai agama dan hukum, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), serta meminta Televisi untuk tidak mengundang dan menampilkan tokoh-tokoh agama, politisi dan pihak manapun yang menyebarkan syiar kebencian, permusuhan, ekstrimisme, diskriminasi, dan pemecah belah bangsa.

Duka Cita Untuk Pejuang Demokrasi

Dalam pernyataan sikapnya, ASKOPIS juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara baik dan meminta KPU untuk tetap komunikatif, terbuka, cermat, teliti dan responsif dalam menyampaikan fakta dan menyajikan data berkaitan dengan penghitungan suara pada Pemilu 2019. Bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk lebih meningkatkan pengawasan serta mengambil tindakan tegas, terukur dan adil terhadap semua pelanggaran Pemilu.

“Kami ikut berempati dan menyampaikan bela sungkawa yang mendalam khususnya kepada keluarga atas meninggalnya para pejuang demokrasi baik KPPS, Polisi, dan lainnya,” rilis ASKOPIS.

Di akhir pernyataan sikapnya, ASKOPIS akan melakukan koordinasi terhadap seluruh anggotanya di daerah-daerah sesuai dengan kompetensi dan kewenangannya untuk mengawal hasil Pemilu 2019.

Source: https://analisa.id/sikapi-dinamika-pasca-pemilu-askopis-serukan-persatuan/23/04/2019/

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

8359870
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
11845
11112
33520
8174246
231631
290225
8359870
Your IP: 3.88.156.58
2019-05-21 17:50