KPU Bersama PC IPPNU Kabupaten Sidoarjo Menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Perempuan

Lintasjatim.com, Sidoarjo - Pada hari ini Ahad 14 Oktober 2018, bertempat di Aula Lembaga Pendidikan (LP) Maarif Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo bersama PC IPPNU Kabupaten Sidoarjo mengadakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Perempuan kepada Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari tadi dihadiri oleh pelajar putri dari beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Mokhamad Iskak Anggota KPU dari Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menyampaikan kepada peserta bahwa perempuan memiliki peran penting dalam suksenya penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu).

Selain memiliki hak suara saat Pemilu nanti, perempuan juga memiliki hak untuk berkecimpung di dunia politik.

Lebih jauh Iskak juga menjelaskan batapa pentingnya keberadaan perempuan dalam politik agar bisa membawa aspirasi perempuan di level penyelengara pemerintahan.

Selain itu agar perempuan juga bisa menjadi pemilih yang cerdas dan bijak dalam menentukan pilihanya. "Tujuan sosialisasi ini untuk mengoptimalkan partisipasi perempuan dalam Pemilu 2019 nanti," ujar Iskak di aula LP.Maarif NU Sidoarjo.

Pada kesempatan itu juga Hikmatul Hidayah ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kabupaten Sidoarjo menghimbau kepada peserta sosialisasi untuk dapat memastikan diri apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum terdaftar.

Sosialisasi Pendidikan Pemilih Perempuan ini Hikmah berharap kepada kader-kader IPPNU untuk menjadi agen dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya partisipasi dan hak suara dalam Pemilu 2019 mendatang kepada keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya.

Dari sosialisasi tersebut memberikan pemahaman bahwa pendidikan pemilih merupakan elemen penting dalam demokrasi.

Pemilih yang rasional menjadi ukuran kualitas demokrasi di suatu Negara. Indikasinya pemilih dalam menentukan pilihan politik tidak lagi berorientasi pada kepentingan politik jangka pendek seperti uang dan kompensasi politik yang bersifat individual. 

Justru pilihan politik diberikan kepada partai politik atau kandidat yang memiliki kompetensi dan integritas untuk mengelola pemerintahan. Karena tujuan akhir dari demokrasi adalah kemakmuran dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat (stj/coi).

Rate this item
(1 Vote)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

6511691
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
7596
8577
16173
6355517
163963
269120
6511691
Your IP: 54.163.22.209
2018-11-19 20:47