Sudah Saatnya Gus Ipul Menjadi Gubernur Jatim 2018, Berikut Pengalaman dan Prestasinya

lintasjatim.com - Dalam kurun waktu satu bulan, Provinsi Jatim banjir penghargaan. Penghargaan demi penghargaan diraih oleh Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) saat mendampingi Soekarwo memimpin Jawa Timur.

Awalnya, Jatim memperoleh menyabet peringkat pertama nasional penghargaan Nirwasita Tantra Award 2016. Tidak lama kemudian, Jatim mendapat penghargaan dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla karena dipandang berkomitmen memberikan dukungan bagi pengembangan sukarelawan Palang Merah Indonesia.

Jatim juga meraih penghargaan tingkat nasional dalam bidang Tim Pengendali Infl asi Daerah (TPID) Inovatif tingkat provinsi untuk kawasan Jawa. Masih dalam bulan ini juga, Gubernur Jatim Soekarwo dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inovatif 2016 pada kategori pembangunan ekonomi.

Di antara deretan penghargaan, semuanya memiliki arti penting sebab melalui penghargaan, kepercayaan pemerintah pusat terhadap Jatim sangat tinggi dalam menjalankan program. Penghargaan paling bergengsi ialah Nirwasita Tantra Award 2016. Penghargaan tertinggi bidang Lingkungan Hidup yang diberikan pemerintah pusat kepada kepala daerah karena berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Soekarwo menempati urutan pertama peraih penghargaan tersebut untuk tingkat provinsi dengan menyisihkan Provinsi Jawa Barat, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, dan Jambi sebagai nomine nasional. Soekarwo mengatakan keberhasilan meraih penghargaan ini dikarenakan pihaknya selalu mengutamakan pendekatan partisipatoris dan kultural.

“Kami tidak memaksakan pikiran kami kepada masyarakat, tapi masyarakat kita ajak bicara dan ikut dilibatkan dalam pengambilan kebijakan. Aspirasi masyarakat selalu kami perhatikan dan dikawal, termasuk persoalan lingkungan hidup,” ujar Soekarwo.

Salah satu contoh upaya partisipatoris ialah program penanaman pohon. Awalnya, Pemprov menggandeng Koramil. Hasilnya bermanfaat bagi masyarakat, akhirnya masyarakat pun ikut terlibat. Hasilnya sejak 2010, Jatim rajin meraih prestasi penanaman pohon dalam Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon.

Pada 2010, Jatim menanam pohon sebanyak 181.408.952 batang (juara I Nasional) atau melebih target yang ditetapkan 143.494.837 batang. Pada 2011, Jatim menanam 206.129.262 (juara I Nasional) melebihi target dari target 143.494.837 batang. Kemudian, pada 2012, Jatim menanam 212.580.707 batang (juara 1 Nasional) melebihi dari target 143.494.837 batang, dan pada 2015, Jatim meraih juara umum Wana Lestari dengan menanam 114.583.133 pohon.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Untuk menyukseskan pembangunan Lingkungan Hidup, kami melakukan segala upaya. Mulai membentuk kelompok kerja tingkat provinsi dan kabupaten/kota, sosialisasi program dan kegiatan, mobilisasi segenap sumber daya,” ujarnya.

Selain itu, penghargaan lain yang dianggap sangat penting ialah dari Tim Pengendali Infl asi Daerah (TPID) Inovatif tingkat provinsi. Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan penghargaan ini merupakan suatu bentuk apresiasi atas kerja sama dari seluruh Tim Pengendali Infl asi Daerah Provinsi Jatim apalagi berbagai pihak siap untuk menjaga infl asi di Jatim.

"Prestasi ini diraih atas langkah-langkah yang dilakukan untuk menjaga infl asi di Jatim,” ujarnya.

Pemprov Jatim terus melakukan program untuk menjaga infl asi dan mengendalikan harga di Jatim. Contohnya, monitoring harga bahan pokok di 38 Kab/ Kota se-Jawa Timur setiap hari.

Koordinasi dengan produsen dan distributor bahan kebutuhan pokok. Selain itu, dilakukan pengawasan secara berkala di gudang-gudang bahan pokok agar tidak melakukan penimbunan. Pengendalian harga pasar melalui operasi pasar untuk stabilitas harga.

Tentu, masih banyak penghargaan lain. Banyaknya penghargaan membuat Jatim dibatasi untuk tidak boleh mengikuti sejumlah kejuaraan. “Karena dipastikan jadi juara, maka Jatim dilarang ikut,” ujar Soekarwo sambil tersenyum. (stj/coi).

Rate this item
(0 votes)

1 comment

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

6197271
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
4476
9037
13513
6042812
118663
275767
6197271
Your IP: 54.161.77.30
2018-10-15 09:37