Andaikan Khofifah Mengindahkan Saran Kiai NU Jatim, Kader NU di Jatim Tidak Akan Pecah

lintasjatim.com, Surabaya - Dari awal NU sudah melarang menggunakan atribut NU untuk politik. Hal ini berlaku untuk seluruh Banom NU termasuk Muslimat NU. Adapun dukungan bersifat pribadi bukan menjadi persoalan organisasi bagi NU.

Politik praktis dalam organisasi adalah ajakan secara organisasi untuk memilih paslon tertentu seperti keluarnya surat dari organisasi Muslimat untuk mendukung paslon tertentu, sebagaimana pengakuan Masruhah.

Baca: PWNU Jatim Berharap Muslimat NU Bisa Menjaga Marwah Organisasi.

Beda halnya dengan ajakan pribadi. Hal ini sesuai dengan prinsip Khittoh NU Gus Dur mendirikan PKB, bahwa pengurus organisasi NU dan Banomnya dapat menggunakan hak politiknya, namun itupun atas nama pribadi bukan atas nama organisasi.

Sejauh ini yang dilakukan oleh para kiai se Jawa Timur adalah ijtihad bersama. Seperti yang disampaikan oleh KH. Anwar Iskandar dukungan kiai-kiai se Jatim kepada Gus Ipul merupakan ijtihad yang sudah melalui serangkaian istikharah, i'atisuarah dan musyawarah mulai dari ploso, lirboyo, sidogiri, hingga di bumi sholawat.

"Artinya ada i'lalnya tidak ujak ujug atau grusah grusuh, maka ini tentunya butuh disampaikan kepada ummat, tujuannya untk kemaslahatan ummat," tutur KH. Anwar Iskandar.

"Kalau kita berbicara Organisasi NU, Ada pembagian tugas sebenarnya bagi kader NU. Antara lain , Gus Halim tetap di DPRD, Gus Ipul di Gubernur, Bu Khofifah di Mentri, itu yg diharapkan kiai," tambahannya.

Sejauh ini, secara organisasi ada kader NU yang tidak mengindahkan hal itu, sehingga harus ada dua kader NU yang sama-sama berebut di Jatim. Ini yang menjadikan NU rentan akan polemik.

Seandainya saja Khofifah sebagai kader NU tawadhlu' atas saran kiai NU dengan tetap di Mentri Sosial, mungkin suara NU akan utuh.(choi/stj).

Rate this item
(0 votes)

1 comment

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

Siapa calon Gubernur Jatim Favoritmu?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
5485459
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1395
8175
9570
5321869
174633
263211
5485459
Your IP: 54.198.104.202
2018-07-23 04:04