Ini Penjelasan Bupati Jember Soal Pembelian Mobil Dinas 1,2 M

Lintasjatim.com, Jember - Bupati Faida menegaskan sikapnya untuk membeli mobil dinas senilai Rp 1,2 miliar dalam Perubahan APBD Kabupaten Jember 2017. Anggaran ini memiliki kode 4.01.2.5 dengan nama 'Pengadaan kendaraan dinas operasional. Sasaran: pemenuhan kebutuhan Bupati.

"Saya kira media juga perlu, perlu menulis yang benar," kata Bupati Faida, usai menghadiri sidang paripurna nota pengantar tujuh rancangan peraturan daerah, di gedung DPRD Jember, Senin (25/9/2017).

Menurut Faida, pengadaan mobil tersebut memiliki tujuan. "Selama ini, kita kalau pergi ke ibu kota, sewa-menyewa untuk semua kepentingan pejabat di sana sama dengan harga satu mobil," katanya.

Berapa dana yang dihabiskan untuk menyewa mobil? "Banyak satu tahun itu. Bisa sama dengan nilai satu mobil. Kita berpikir efisiensi, bukan berpikir kemewahan, karena pejabat itu ada standar kendaraannya. Bukan untuk Ibu Bupati. Nih media jangan suka bikin pelesetan-pelesetan. Dosa nih nulis yang meleset meleset begitu," kata Faida.

Dalam rapat pembahasan KUPA-PPAS, di gedung DPRD Jember, Jumat (8/9/2017), Kepala Bagian Pembangunan Pemerintah Kabupaten Jember Sugiarto Abdul Gani mengatakan, mobil dinas jenis station wagon diperuntukkan melayani transportasi tamu-tamu penting dari pemerintah pusat. "Termasuk menghemat biaya sewa yang selama ini cukup besar," katanya.

"Selama ini banyak tamu-tamu dari pusat. Paling tidak kami ingin memberi pelayanan yang 'maton'. Kedua, pertimbangannya, selama ini kami lihat tren sewa kendaraan tamu sekitar Rp 500 juta per tahun," kata Sugiarto.

DPRD Jember tidak setuju dengan pengadaan mobil dinas tersebut. "Kalau memang untuk efisiensi, kita manfaatkan saja aset yang ada. Saya kira sangat layak kalau untuk menyambut para tamu. Kalau menteri, ada protap (prosedur tetap) sendiri. Kalau menyambut direktur jenderal, (mobil dinas) Fortuner saja cukup. Kemarin saja Pangdam V Brawijaya pakai Fortuner. Tidak mau menggunakan Alphard. Kalau sekelas Pangdam saja menggunakan Fortuner, masa yang lain harus Alphard untuk menjemput," kata Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni.

Ketua Komisi C Siswono setuju adanya pengadaan mobil dinas baru senilai Rp 1,2 miliar. "Tapi menunggu ekonomi masyarakat Jember bangkit, dan sarana-prasarana baik," katanya.

Source : beritajatim.com

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3723525
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
8120
9944
36042
3540221
192754
3723525
Your IP: 54.161.108.158
2017-11-22 18:22