Program Inovatif, NU Kademangan Dapat Apresiasi Dalam Acara Turba

Lintasjatim.com, Blitar – Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar memuji tingkat partisipasi sejumlah perwakilan banom-banom serta lembaga-lembaga Majelis Wakil Cabang Nahdlatul ‘Ulama (MWCNU) Kecamatan Kademangan yang sangat antusias mengikuti  kegiatan Turba (Turun ke bawah) di Kampung Coklat.

“Selama kami melakukan kegiatan turba ini, kademangan lah yang sangat antusias dalam menyambut kami, dibuktikan dengan pesertanya sangat banyak, terbanyak dari pada turba-turba sebelumnya.” Ungkap Zainul Qoyim, koordinator turba PCNU Kabupaten Blitar wilayah 1.

Turba tersebut dihadiri oleh 550 lebih peserta yang terdiri dari seluruh banom-banom serta lembaga-lembaga MWCNU Kademangan yang meliputi Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul ‘Ulama (LPMNU), Lembaga Dakwah Nahdlatul ‘Ulama (LDNU), Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul ‘Ulama (LTMNU), Persatuan Guru Nahdlatul ‘Ulama (Pergunu), Lembaga Amil Zakat Nahdlatul ‘Ulama (Lazisnu), Anshor, Fatayat, bahkan dihadiri oleh Ketua pengurus wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul ‘Ulama (IPNU) Jawa Timur, dan masih banyak lagi.

Bahkan secara khusus Imam Nur’aini, Ketua MWCNU Kademangan, menyatakan bangga begitu mendapati salah satu desa kategori paling atas, yang jauh dari lokasi acara, “Bayangkan, jaraknya sangat jauh, daerah pegunungan tapi semangat mereka luar biasa.” Tuturnya.

Apresiasi tersebut diberikan bukan hanya karena jumlah peserta paling banyak melainkan juga program-program kerjanya yang dinilai inovatif seperti terbentuknya UD. Tali Bumi yang bergerak di bidang kewirausahaan, juga pencetakan kader-kader kualitas dalam bingkai Da’I atau penceramah.

Kegiatan turba ditandai dengan serangkaian prosesi diantaranya, pembacaan tahlil, sambutan, penyampaian program kerja dari setiap lembaga PCNU Kabupaten Blitar, prosesi turba yang di pimpin oleh rais syuriah PCNU Kabupaten Blitar yaitu K.H Ahmad Ardani, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan do’a serta makan bersama.

Yang menjadi fokus turba kali ini ialah, pengenalan pengurus baru serta sosialisasi program kerja dari beberapa lembaga PCNU Kabupaten Blitar, khususnya program kerja Lazisnu terkait dengan Zakat.

K.H Ahmad Ardani menegaskan Jangan sampai ‘amil zakat di masjid-masjid atau mushola-mushola kurang faham seputar fiqih zakat, akibatnya sangat fatal. Hal ini menandakan bahwa NU Kabupaten Blitar perhatian terhadap warga nahdliyin.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan kegiatan ini juga digunakan untuk serap aspirasi masyarakat untuk pengembangan NU kedepannya.

Kegiatan ini terbilang sangat sukses, pasalnya setelah kegiatan ini MWCNU Kademangan akan mengadakan Madrasah ‘Amil yang unik, karena ini merupakan kali pertama Madrasah ‘Amil yang diselenggerakan tidak di kantor PCNU Kabupaten Blitar melainkan di tempat wisata ternama se-nusantara yaitu Kampung Coklat. (Azm)

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan portal berita yang menyajikan berbagai informasi aktual seputar peristiwa atau kegiatan yang ada di Jawa Timur.

10000935
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1254
16706
125490
9661236
406410
536904
10000935
Your IP: 34.236.38.146
2019-08-25 01:50