Ombudsman Ajak Perguruan Tinggi Tingkatkan Pengaduan

04 Oct 2017
125 times

lintasjatim.com, Surabaya - Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Jawa Timur kembali mengadakan pertemuan bersama beberapa Perguruan Tinggi di Surabaya dan Sidoarjo, Rabu 04 Oktober 2017.

Pertemuan ini bertajuk sosialisasi dan edukasi pelayanan publik dalam peningkatan pengaduan masyarakat. Perguruan Tinggi adalah elemen masyarakat yang memiliki peranan penting. Aspek akademis yang menjunjung tinggi semangat agen perubahan diharapkan bisa mendorong peningkatan aduan masyarakat terkait dengan pelayanan publik.

Kegiatan sosialisasi ini selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar berkenan melapor atas pelayanan publik yang mengecewakan, namun juga memiliki tujuan yang lain. Agus Widiyarta, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan Ombudsman ke tengah masyarakat kampus, melainkan mendorong mereka untuk membentuk unit pengaduan di perguruan tinggi masing-masing.

"Output yang diharapkan dari sosialisasi dan edukasi ini bisa menggerakkan komponen civitas akademis dengan membentuk unit pengaduan di tingkatan kampus," ujar Kang Agus, sapaan akrab Agus Widiyarta.

Mengundang sekitar 30 Perguruan Tinggi, dan bertempat di Hotel Santika Premiere Gubeng, Ombudsman RI Perwakilan jawa timur juga menyusun Standar Pelayanan Publik dalam mengelola pengaduan masyarakat, serta memberikan cetak biru tentang standar alur pelayananan pengaduan dan prosedur penyampaian pengaduan.

"Kedepan, Universitas harus menjadi instansi terbuka, dan memberikan kesempatan bagi civitas akademika-nya untuk turut memperbaiki kualitas layanan publik mereka," pungkas Agus.

Selain menggandeng perguruan tinggi, Ombudsman juga telah menggandeng pesantren untuk menigkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi kualitas pelayanan publik di Jawa Timur. kedepan Ombudsman juga akan merambah di level komunitas nelayan dan perempuan.

CHOIRUDIN

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3723342
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
7937
9944
35859
3540221
192571
3723342
Your IP: 54.161.108.158
2017-11-22 18:08