Wali Band dan Puluhan Ribu Santri Akan Hadir Meriahkan Hari Santri Nasional, Berikut Pemaparan Ketua PC GP. Ansor Sidoarjo

30 Sep 2017
628 times

lintasjatim.com, Sidoarjo - Sudah tersebar dimedia sosial bahwa dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang diselenggarakan atas kerjasama PC GP Ansor Sidoarjo dan Pemkab Sidoarjo ini akan mendatangkan sekitar 45 ribu santri dalam rangka pemecahan rekor Muri ngaji kitab kuning dengan jumlah santri terbanyak, pada 22 Oktober 2017, di Stadion Delta Sidoarjo.

Acara yang sejatinya memperingati momentum Resolusi Jihad Hadrotus Syaikh KH. Hasyim Asy'ary tersebut juga akan lebih meriah dengan kehadiran Band jebolan alumni pesantren asal ibu kota, yakni group Band Wali yang juga merupakan satu-satunya group Band profesional yang mendapat amanah dari PBNU untuk menjadi duta ayo mondok.

Bukan sekedar rekor Muri dan konser duta ayo mondok, ketua PC GO. Ansor Sidoarjo Rizza Ali Faizin menyampaikan bahwa dalam acara tersebut akan ada beberapa ritual sakral. Diantaranya napak tilas resolusi jihad dan ijazah kitab kuning nashaihul ibad karya Syaikh Nawawi al-Bantani yang akan langsung diijazahkan kepada puluhan ribu santri oleh cicit pengarang kitab yakni KH. Ma'arif Amin yang tak lain Rais Aam PBNU, kata Riza kepada lintasjatim.

Sebagai duta ayo mondok selain melantunkan lagu shubbanul wathan grop band Wali melalui managemennya juga akan siap secara khusus untuk turut serta mengikuti proses ijazah dan pengajian kitab kuning. Untuk menjaga sakralitas HSN, Muhammad Nizar ketua panitia HSN menyampaikan bahwa satu jam sebelum acara dimuai semua santri dan jama'ah yang hadir untuk melakukan shalat jama'ah terlebih dahulu di tiga masjid yang ditunjuk oleh panitia kemudian melakukan Longmach atau jalan kaki menuju Gor Delta Sidoarjo dengan membawa dan mengibarkan pandji-pandji perjuangan.

Hal ini merupakan napak tias para pejuang dan syuhada resolusi jihad yang ketika mendengar seruan kewajiban perang, semua santri berangkat dari pesntren dan rumah masing-masing menuju medan perang. Selain momuntum yang sakral acara ini juga akan menyajikan koreografi kolosal yang antraktif berupa tarian kolosal dari santri Bumi Shalawat, mahasiswa UNUSIDA dan pelajar PC LP. Maarif NU Sidoarjo untuk membentuk bola dunia dan peta NKRI.

Sementara itu Gus Ali Mudhohiru yang merupakan ceo asap-asap dan M2M memaparkan pihaknya sangat bahagia bisa ikut berpaetisipasi dalam acar tersebut. "Sebagai pebisnis yang bergerak dibidang pengembangan ekonomi pesantren saya ikut bangga dan akan membantu panitia menjalin komunikasi dengan pengusaha lain guna membantu kebutuhan panitia," ujarnya.

Menurut pegiat penguatan ekonomi berbasis pesantren, dukungan itu perlu dilakukan karena peringatan HSN ini bukan sekedar event seremonial belaka melainkan juga merupakan ajang dakwah sekaligus syiar kepada masyarakat pesantren bahwa santri bisa dalam berbagai hal dan berada diberbagai profesi, politisi, pengusaha, pekarya seni dan lain sebagainya.

CHOIRUDIN

Rate this item
(2 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3733026
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
7168
10453
45543
3540221
202255
3733026
Your IP: 54.225.36.143
2017-11-23 16:49