Lari Mendaki, Jelajahi Gunung-Gunung Cantik di Indonesia

gambar: Bromo Marathon, sumber: asiatrailmaster.com gambar: Bromo Marathon, sumber: asiatrailmaster.com

lintasjatim.com, Ramai olahraga lari tidak hanya berlangsung di kota-kota besar yang seru dijelajahi ketika malam hari. Belakangan yang sedang ramai adalah lari mendaki gunung dan lokasinya tersebar di seluruh Indonesia yang memang memiliki banyak gunung cantik untuk didaki.

Selain memberikan kesehatan dan menantang diri untuk lari dengan track mendaki, event lari di gunung juga menjadi ajang yang sangat efektif untuk memperkenalkan wisata Indonesia di mata dunia. Baik marathon maupun trail running, semuanya akan memberikan kesan mendalam bagi para atlet dan menarik mereka untuk kembali lagi berkunjung ke Indonesia dan menjelajahi tempat-tempat wisata terbaik di negeri ini.

Salah satu event besar yang sudah mulai rutin dilakukan adalah Bromo Marathon dan Ultra Bromo. Event ini biasanya menarik minat banyak atlet dari dalam dan luar negeri, dan pesertanya ribuan orang dari berbagai tempat. Tidak hanya membuat Gunung Bromo semakin ramai pengunjung dan meningkatkan pendapatan daerah dari event ini, nama dan keindahan Gunung Bromo pun semakin dikenal dan akan menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Demikian pula dengan event Ijen Trail Running yang berlangsung di Gunung Ijen, Jawa Timur. Lari di Ijen sangatlah menantang, karena kadar belerang di tempat ini sangat tinggi. Namun bagi atlet yang benar-benar sehat, maka tidak menjadi masalah ketika lari ke Ijen dan akan jadi sebuah prestasi tersendiri untuk sang atlet jika sudah berhasil menaklukkan Ijen.

gambar: Ijen Trail Running, sumber: asiatrailmaster.com

Gunung Ijen dan Bromo sendiri adalah salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia yang dikunjungi ribuan orang setiap tahunnya. Bisa dibilang, dua destinasi ini adalah unggulan dari Jawa Timur dan namanya sudah dikenal dunia sebagai gunung yang sangat indah dengan keunikan masing-masing.

Selain Bromo dan Ijen, event lari di gunung lainnya juga digelar di Gunung Guntur, Jawa Barat. Sepanjang rute lari, Gunung Guntur menyajikan pemandangan yang sangat indah dan udara segar. Di Gunung Guntur, panitia menyediakan dua kategori lari, yaitu 10k dan 25k yang menarik minat banyak pelari dari berbagai daerah.

Jika ingin mendapatkan tantangan lebih, ada Mount Rinjani Ultra yang juga sangat menarik. Bagaimana tidak, berjalan kaki santai di Gunung Rinjani saja sudah memakan tenaga luar biasa, apalagi kalau lari lintas gunung yang tentu lebih menantang bagi sang atlet.

gambar: Mount Rinjani Ultra, sumber: travel.detik.com

Dengan event ini, Rinjani sekarang tak hanya dikenal sebagai tempat hiking yang paling menantang di Pulau Lombok. Tapi juga venue lari yang nggak kalah menantang dibandingkan dengan naik ke puncaknya. Rutenya pun sangat panjang, bisa mencapai 50 kilometer dan perlu energi ekstra karena jalur yang berat.

Soal keindahan lokasi, jangan ragukan Gunung Rinjani yang sudah menarik sejak di kaki bukit. Rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan menjadi lokasi wisata terbaik di negeri ini. Usai lelah lari di Rinjani, atlet bisa beristirahat di kampung Sasak dan menikmati masakan khas Lombok nan lezat.

Banyak gunung cantik lainnya yang bisa digunakan sebagai venue event trail run di Indonesia. Dari ujung Sumatera sampai Papua, Indonesia memiliki banyak gunung indah yang patut dijelajahi. Mengadakan event lari di gunung juga memberikan banyak keuntungan bagi kemajuan wisata. Tak hanya menambah pengunjung, tapi juga membuat nama lokasi jadi lebih tenar di seluruh belahan dunia. (st)

Rate this item
(0 votes)

33 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3723365
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
7960
9944
35882
3540221
192594
3723365
Your IP: 54.161.108.158
2017-11-22 18:10