Petani Was-Was Harga Cabai Rawit Hijau Terus Menurun

Lintasjatim.com, Bondowoso - Cabai rawit di tingkat petani mengalami penurunan harga. Sebelumnya harga cabai rawit hijau masih berkutat dikisaran harga Rp 22 sampai dengan Rp 25 ribu per kilogram. Mengenai hal ini petani cabai di Bondowoso merasa kwatir, karena diwaktu harga cabai mencapai Rp 50 ribu per kilogram, petani berlomba-lomba untuk menanam.

Menurut pengepul cabai warga Desa Jebung Lor Tlogosari, Holib Basol mengatakan, meski harga cabai rawit hijau terus menurun, tapi masih pada posisi yang menguntungkan. Sebab, harganya masih berada dikisaran Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram.

“Kalau harga cabai sudah berada dibawah harga yang sekarang, itu yang dikwatirkan, karena bisa-bisa hanya balik modal atau rugi,” kata Holib.

Diakui, sejak harga cabai naik diatas Rp 50 ribu per kilogram, para petani berlomba-lomba menanam cabai. Meski kondisinya banyak cabai yang mati akibat cuaca atau terserang hama, petani masih memaksa untuk menanam.

“Kalau petani bersamaan panen, bisa dipastikan cabai rawit hijau akan berlimpah. Namun, harga cabai rawit hijau tersebut bagi petani masih diuntungkan dengan fluktuasi harga yang standart dipasaran,”ujarnya.

Kendati harga cabai rawit hijau terus menurun dan produknya sudah tidak terserap, maka kerugian terhadap petani cabai akan menjadi ancaman. Namun, hingga saat ini masih bisa diserap baik oleh pedagang lokal maupun pedagang besar.

“Kita sangat berharap, harga cabai rawit hijau masih terserap, apalagi penghasil cabai terbesar di jawa barat saat ini mengalami penurunan akibat cuaca hujan yang terus menerus,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso, Suhartono, mengungkapkan, menurunnya harga cabai rawit dipasaran tidak membuat petani cabai rugi, karena saat ini produksinya sangat banyak.

Suhartono mempridiksi harga cabai akan stabil, apalagi menjelang bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi. Karena menurut dia, pada saat bulan puasa dan menjelang hari raya idul fitri harga komoditi mengalami kenaikan.

“Pantauan kami dilapangan sekarang ini masih fluktuatif dan tidak menghawatirkan, karena harga cabai rawit hijau sekarang masih lumayan bagus," ujarnya. (Didit)

Rate this item
(0 votes)

27 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3723556
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
8151
9944
36073
3540221
192785
3723556
Your IP: 54.161.108.158
2017-11-22 18:25