Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP UNESA Mendapatkan Hibah PKKM Kemdibudtistekdikti

Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP UNESA
Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP UNESA

LINTASJATIM.com, SurabayaProgram Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP UNESA mendapatkan pendanaan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Dikti Kemdikbudristek tahun 2023. Proses panjang ini dilalui oleh tim Program Studi S1 Manajemen Pendidikan dalam menyusun proposal, presentasi, pitching anggaran, dan ditetapkan sebagai penerima hibah program kompetisi.

Dengan mengambil konsep ‘Digital Citizen Passageway (Dicipass) Concept Untuk Akselerasi Transformasi Global Experiential Learning UNESA’, program studi S1 Manajemen Pendidikan telah mendapatkan pendanaan hampir 500 juta.

Bacaan Lainnya

Terdapat 2 program utama yang ditetapkan, yiatu: (1) Ekstensifikasi Student Mobility melalui DICIPAS Concept untuk Kegiatan MBKM; dan (2) Diversifikasi Lecturer Mobility melalui DICIPASS Concept.

Berbagai upaya dilakukan program studi S1 Manajemen Pendidikan ini selaras dengan semangat dari program hibah kompetisi ini yaitu meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK di masa depan sesuai dengan keunggulan program studi dan meningkatkan kerjasama dengan DUDI dan top world class universities dalam rangka transformasi pendidikan tinggi untuk mendapatkan pengakuan internasional dan meningkatkan daya saing bangsa.

Dalam proposal yang disusun, program studi S1 Manajemen Pendidikan fokus pada pengembangan dosen dan mahasiswa sebagai sumber daya manusia utama dalam proses pendidikan, khususnya di perguruan tinggi.

Dimana fokus pencapaian profil lulusan program studi S1 Manajemen Pendidikan sebagai manajemen staf dalam bidang pendidikan kompeten, berdaya saing global, serta berlandaskan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

UNESA sebagai induk perguruan tinggi dari program studi S1 Manajemen Pendidikan masuk pada perguruan tinggi Liga-1 yang telah memiliki landasan yang kuat untuk melakukan loncatan aksi dalam melakukan transformasi perguruan tinggi pada level internasional berdasarkan niche UNESA.

Semangat ini menjadi pelecut program studi S1 Manajemen Pendidikan untuk mempercepat pencapaian kinerja yang diakui di tingkat internasional dengan berbagai program yang telah dan akan dilaksanakan melalui program hibah kompetisi ini.

Dari hibah PKKM ini diharapkan program studi S1 Manajemen Pendidikan dapat bertransformasi menjadi program studi memiliki keunggulan pada pembelajaran, penelitian, atau pengabdian pada masyarakat, sesuai dengan diferensiasi visi misi yang telah ditetapkan.

Koorprodi S1 Manajemen Pendidikan, Syunu Trihantoyo, sekaligus sebagai ketua pelaksanaan program berharap kegiatan ini akan lebih menajamkan positioning program studi S1 Manajemen Pendidikan dalam memberikan pengalaman mahasiswa.

“Program ini diharapkan lebih menajamkan positioning dalam melakukan MBKM ke berbagai wilayah di Indonesia melalui berbagai aktifitas seperti magang riset, studi independen, serta proyek di desa dalam mendukung kebijakan kurikulum merdeka pada satuan lembaga pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Syunu Trihantoyo juga berharap dengan adanya PKKM ini akan terjadi knowlagde transfer pada dosen dalam pengembangan  keilmuan melalui research methodology terupdate serta isu-isu tentang manajemen pendidikan.

Pos terkait