Perkuat Daya Saing, Anggota DPRD Jatim Adakan Workshop UMKM dan Koperasi

Workshop UMKM dan Koperasi (2)
Workshop UMKM dan Koperasi

LINTASJATIM.com, Madiun Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Dra. Hj. Aisyah Lilia Agustina, M.Si, menggelar Workshop UMKM dan Koperasi di Aula Pertemuan PG. Pagotan, Selasa (2/5/2023).

Acara yang mengangkat tema strategi pengembangan UMKM tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM dan Koperasi terutama di wilayah Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut menghadirkan pemateri dari Jakarta Abdullah Muhdi, S.H.I., M.H.I Ketua Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Bidang Ekonomi Syariah.

Gus Muhdi memberikan motivasi kepada peserta untuk terus mengembangkan usaha UMKM baik yang baru merintis maupun sudah berjalan.

Namun, Gus Muhdi mengingatkan dalam pengembangan UMKM perlu diiringi denga trategi bisnis yang tepat mulai dari produksi hingga proses penjualan.

“UMKM di Indonesia ini sangat banyak sekali, tapi banyak juga yang mati karena tidak diimbangi dengan strategi yang matang menghadapi perkembangan zaman yang begitu cepat,” ungkapnya.

Gus Muhdi membeberkan tips agar UMKM maupun Koperasi bisa berkembang dan sukses. Pertama, yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan atau customer service.

“Perlu diingat bahwa sebagus apa pun produk atau jasa yang Anda tawarkan, tidak akan ada artinya apabila mutu pelayanan yang Anda terapkan buruk,” tegasnya.

Kedua, mencari tempat yang strategis, apabila ingin usaha UMKM maupun Koperasi berkembang, cara efektif yang bisa dilakukan adalah mencari tempat yang startegis termasuk membuka cabang baru di lokasi yang strategis.

“Seorang pengusaha disarankan tidak boleh memiliki sifat yang mudah puas dan harus selalu berusaha untuk mencoba hal-hal baru. Seperti membangun bisnis di lokasi yang berpotensi menghasilkan penjualan yang tinggi,” tukas Gus Muhdi.

Masih kata Gus Muhdi, tidak bisa dipungkiri bahwa era digital telah mengubah cara belanja masyarakat.  Kini, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online melalui e-Commerce karena prosesnya lebih mudah dan praktis.

“Nah, jika kamu ingin mengembangkan usaha UMKM, kamu harus mulai berjualan via e-Commerce!,” tegas Gus Muhdi yang merupakan alumni UIN Sunan Ampel tersebut.

Abdullah Muhdi Memberikan Materi di Hadapan Peserta Workshop UMKM dan Koperasi
Abdullah Muhdi Memberikan Materi di Hadapan Peserta Workshop UMKM dan Koperasi

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi berbagai hal, mulai dari kehidupan masyarakat hingga dunia bisnis.

“Dengan mengikuti perkembangan teknologi, kamu bisa mengembangkan usaha UMKM baik dalam segi administrasi, transaksi, komunikasi, maupun penjualan,” lanjutnya.

Terakhir, cara efektif yang bisa dilakukan agar usaha berkembang adalah menerapkan sistem keuangan digital. Kehadiran teknologi yang canggih bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan UMKM.

“Banyak usaha yang bangkrut karena kurang jeli dalam mengelola keuangan. Termasuk penggunaan sistem keuangan digital dalam suatu bisnis tentu akan memudahkan para pelanggan saat melakukan pembayaran. Alhasil, pelanggan akan mendapat payment experience yang jauh lebih baik dibandingkan pembayaran secara offline,” tutup Gus Muhdi.

Acara tersebut diakhiri dengan Halal Bihalal. Sejumlah petinggi NU di Kecamatan Geger tampak hadir dalam kegiatan tersebut seperti Ketua MWC NU Geger Kyai Zarnuji, Ketua Muslimat NU Geger Siti Malihatin, Ketua Fatayat NU Geger Zumrotul Masruroh, Jajaran Lembaga dan Badan Otonom NU Geger.

Pos terkait