Dinas Pertanian Bondowoso Adakan Gebyar Tanaman Pangan dan Hortikultura

Pemenang dalam gebyar pangan holtikultura Pemenang dalam gebyar pangan holtikultura

Lintasjatim.com, Bondowoso - Mengangkat potensi dan sebagai bentuk motivasi buah lokal di Bondowoso, Disperta menggelar kontes yang terangkum dalam kegiatan Gebyar tanaman pangan dan Hortikultura tahun 2017, Rabu (15/3/2017).

Kepala Dinas Pertanian Bondowoso, H. Munandar mengatakan bahwa kontes buah unggul lokal tahun ini merupakan bentuk upaya Pemerintah dalam menumbuh kembangkan kecintaan masyarakat Bondowoso dalam mengkonsumsi buah dan sayur lokal.

“Selain sebagai ajang promosi buah lokal Bondowoso, kontes ini juga menjadi wadah bagi para petani durian, pisang dan alpukat untuk bisa terus meningkatkan hasil panen. Kita ingin menggali potensi buah lokal, karena Buah lokal kita ternyata banyak yang berkualitas dan layak untuk kita kembangkan,” kata Munandar.

Sementara, Wakil Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian yang mampu memberikan wadah bagi petani dalam memasarkan serta mempromosikan buah durian, pisang dan alpukat.

“Tidak hanya sebagai ajang promosi, Pemerintah dalam hal ini akan mengembangkan produk asli Bondowoso dengan menginventarisir benih unggul semua komuditas secara intensif. Kami juga terus memotivasi Dinas Pertanian agar produk unggulan tersebut mampu memberdayakan ekonomi masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut wakil Bupati mengatakan, nantinya semua instansi pemerintah harus bersinergi, bagaimana komuditas lokal unggulan Bondowoso ini tidak hanya dinikmati pada waktu panen saja. “Namun, saya berharap ada upaya pemberdayaan kepada masyarakat dalam memproduksi produk olahan dari buah lokal asli Bondowos," pungkasnya.

Acara kontes buah unggul lokal ini diikuti oleh petani durian, pisang dan alpukat yang tersebar di 23 kecamatan dan beberapa petani yang berasal dari luar Kabupaten. [Didit]

 

Rate this item
(0 votes)

36 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3723544
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
8139
9944
36061
3540221
192773
3723544
Your IP: 54.161.108.158
2017-11-22 18:24