Desa Betet Pusat Industri Bata Merah

19 Feb 2017
185 times

Lintas Jatim,Nganjuk - Aroma asap, kayu dan sekam terbakar menyeruak di hidung saat penulis memasuki Dusun Bandung Desa Betet Kecamatan Ngronggot kabupaten Ngajuk Jawa Timur ini. Aroma tersebut merupakan aroma aktifitas pembakaran bata merah milik warga setempat.

Dusun bandung merupakan salah satu sentra industri kecil rakyat khususnya pembuatan batu bata merah yang merupakan bahan pokok pembangunan rumah / gedung / tembok dan lain-lain. Di dusun Bandung inilah Solikin (55) salah satu warga desa yang mempunyai usaha pembuatan batu bata. Solikin dibantu istrinya dan menantunya setiap hari berada di tobong bata miliknya untuk mencetak batu bata merah yang dibuatnya secara manual.

Pembangunan yang berkelanjutan banyak memberikan peluang bagi banyak orang, apalagi ditunjang pendapatan yang semakin meningkat sehingga memberikan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan utama, seperti properti. Dari hal inilah sebuah peluang muncul dalam pengadaan material utama pendukung dalam pembangunan properti yaitu batu bata. Meskipun sudah ditemukan inovasi bahan pengganti batu bata dalam membuat dinding bangunan seperti Batako, tetapi sebagian besar masyarakat masih fanatik menggunakan batu bata.
Solikin Menuturkan “Saya memulai usaha pembuatan batu bata ini sudah sekitar 5 tahun yang lalu sebelumnya saya usaha pembuatan genteng namun dirasa keuntungan nya menipis menjadikan saya beralih ke usaha pembutan batu bata. Ujarnya kepada Lintas Jatim.com ( Minggu.19/2/17)

Solikin yang selain dibantu istrinya tersebut mengaku juga dibantu oleh menantunya. Solikin membuat bata berukuran panjang 20 cm, lebar 10 cm dan tebal 4cm yang dibuat dengan cetakan dari kayu dan dibuat manual menggunakan peralata sederhana. Ia mengaku dalam sehari berhasil membuat bata merah sebanyak 500 keping.

Usaha yang ditekuni oleh Solikin terbilang usaha keluarga, namun demikian ia mengaku modal yang dikeluarkan juga tidak sedikit. 
Untuk bahan bakar kayu kami mengambil di desa Musirlor Kecatan Rejoso dan tanah liatnya kami membeli di desa Kelutan.ujarnya

"Bagi kami oprasional yang cukup besar dan untuk itu kami harus mencetak terus agar bisa cepat dibakar lalu dijual sehingga bisa kembali mencetak lagi jika sudah dibeli orang," ungkapnya.

Proses pembuatan yang dilakukannya pun secara bertahap dilakukan untuk memenuhi target sebanyak 25.000 bata agar bisa dibakar secara bersamaan. Proses pencetakan, pengeringan, pembakaran dilakukan dengan sangat hati hati dengan memperhatikan faktor cuaca. Jika cuaca panas maka proses pengeringan yang dilakukan di dekat tobong bata miliknya akan berlangsung sempurna sementara jika hujan terpaksa harus ditutup dengan plastik atau terpal.

" Batu bata merah buatannya diakui lebih berkualitas karena tanpa campuran bahan kimia/garam sehingga merahnya alami dan kuat" .tuturnya

"Kendala kami adalah hujan sebab jika hujan proses pengeringan akan lama dan bisanya dijemur di dalam sekitar tobong biar diangin anginkan sebelum dibakar tapi akan bagus jika cuaca panas seperti ini," ujar Solikin.

Usaha yang ditekuni oleh Solikin ini diakui merupakan usaha yang tak cukup diperhitungkan oleh pemerintah, hal tersebut diakui oleh Solikin dengan tak adanya bantuan yang diperolehnya untuk permodalan. Sebab selama ini ia mengaku belum pernah mendapatkan modal untuk usaha tersebut dan meminjam kepada orang lain untuk modal usaha.
Terakhir " bagi yang membutuhkan batu bata merah untuk membangun rumah / gedung / tembok dan lain-lain. Dengan batu bata yang dijamin kelalitasnya bisa menghubungi 082332064915 / Solikin. Ujarnya sambil tertawa.(RBI)

Rate this item
(0 votes)

1 comment

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3732824
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
6966
10453
45341
3540221
202053
3732824
Your IP: 54.225.36.143
2017-11-23 16:34