Akan Hadir Bank Sampah Di Desa Wilangan

17 Feb 2017
728 times

Lintasjatim-Nganjuk Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan wilangan  Kabupaten Nganjuk  terus melakukan inovasi pemberdayaan, Salah satunya  merintis pembentukan Bank Sampah di kecamatan wilangan .

Pembentukan bank sampah mulai di bentuk di desa wilangan yang merupakan  sinergitas  dengan pemerintah desa wilangan . Ini sebagai stimulus  dalam pembentukan  di desa desa lain yang dalam kawasan kecamatan wilangan.  

Andhi Nugraha hadiwinata,S.H  selaku Kordinator PKH Kecamatan Wilangan menuturkan “Kami ingin mengubah paradigma lama bahwa sampah adalah sumber masalah, menuju paradigma baru bahwa sampah memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” ujar Aktifis yang masih Sigle ini

 “ Menurutnya, gerakan baru tersebut sangat layak untuk dijadikan bagian dari pendampingan Keluarga Sangat Miskin (KSM) di kecamatan wilangan .

Lanjutnya “ Masyarakat disini  masih suka membuang sampah di sungai  sehingga membuat sungai mampet  tidak  mengaliri air di sawah sawah warga setempat. Hadirnya  bank sampah miniman bisa meminimalisi sampah yang di buang di sungai.Tuturnya kepada Lintasjatim.com ( Jum’at /12/2/17)

“ Bank sampah ini akan  mengumpulkan sampah-sampah yang dapat didaur ulang dari KSM dampingan kami namun kami tidak menutup kemungkinan warga setempat yang bukan peserta PKH  di perbolehkan menjadi nasabah bank sampah kami. Kami catat berapa banyak sampah yang terkumpul oleh tiap-tiap nasabah, dan kami bayar setiap tiga bulan sekali  atau saat mereka benar-benar membutuhkan dana,” Ujar Alumni Universitas negeri  Jember.

Insyaalloh bulan maret bank sampah yang kami beri nama “ Maju Bersama “ akan lounching di awali di desa wilangan. Tuturnya

 

 

Rate this item
(0 votes)

2 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lintas Jatim merupakan salah satu portal berita di Jawa Timur yang menjadi rujukan masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia. Informasi ter-Update serta penyajian yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

3732841
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
All days
6983
10453
45358
3540221
202070
3732841
Your IP: 54.225.36.143
2017-11-23 16:35